Thursday, June 18, 2020

Tetap Waras Ketika Pandemi

Ijen, 2018

Pemerintah telah mengumumkan akan menerapkan konsep new normal untuk segala aktivitas dimasa mendatang. Seperti kita tahu, kurva covid 19 belum melandai dan sudah menyentuh angka 40 ribuan sekarang. Wajar jika sebagian orang masih insecure untuk keluar rumah karena bayang-bayang covid 19 namun di sisi lain Pemerintah tidak memiliki cara lain selain menerapkan new normal karena ekonomi semakin sulit pada bulan keempat penerapan karantina. Saat ini kita tidak perlu membahas bagus atau tidak ketetapan yang dikeluarkan Pemerintah namun kita mencari solusi apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk tetap waras dalam kondisi saat ini.
Overload Information
Salah satu hal yang membuat kita lelah selama masa karantina covid 19 ini adalah masa dimana terlalu banyak berita negatif dibandingkan dengan berita positif. Kita terlalu banyak menerima energi negatif daripada positif. Oleh sebab itu cara terbaik untuk waras dalam kondisi saat ini adalah menghindari terlalu banyak mengkonsumsi informasi terkait covid 19. Beberapa dokter mengungkapkan jika kita terlalu penuh memikirkan covid 19 akan berakibat negatif ke imun tubuh juga. Jadi mulai sekarang batasi mencerna informasi covid 19 terlalu banyak ya.

Interaksi
Walaupun masih dalam masa karantina dan masih banyak yang Work From Home (WFH) ada beberapa perusahaan atau instansi yang mewajibkan pekerjanya untuk ke kantor. Nah buat kalian yang masih di rumah aja penting bagi kalian untuk tetap melakukan komunikasi rutin sama orang-orang disekitar kamu agar kita tetap menjadi manusia seutuhnya. Walaupun jauh tetap berkabar dan komunikasi rutin ya karena yang berubah hanya jarak dan keadaan bukan quality time.

Cari Pertolongan
Semua cara sudah kamu lakukan tapi masih belum juga ada perubahan? Saatnya kamu mencari pertolongan. Kamu bisa mencari pertolongan ke profesional bisa psikolog atau psikiater. Kamu enggan konsultasi karena terkendala uang? Tenang banyak sekali jalan untuk mendapatkan konsultasi gratis, mulai dari konsultasi gratis yang diselenggarakan oleh himpunan profesi psikologi sampai konsultasi di puskesmas dengan menggunakan BPJS. Ketika ada beberapa hal yang tidak bisa kita maupun orang terdekat kita tanggulangi maka sudah saatnya mencari pertolongan. Yuk mulai peduli sama kesehatan mental diri sendiri.
Diatas merupakan beberapa hal yang kamu bisa lakukan agar tetap waras dalam menghadapi pandemi. Kita percaya semua ini akan berakhir, yuk sama-sama memutus rantai penyebaran dengan kapasitas masing-masing.

No comments:

Post a Comment