Monday, June 1, 2020

Micro Teaching dan Interview Online Ketika Pandemi Covid-19

Source: ruangguru.co.id

Halo semuanya! Sebelumnya, aku share SKD dan SKB calon dosen kan? Nah sekarang mumpung lagi produktif sekali nih aku mau sharing pengalaman micro teaching dan interview SDM dan manajemen. Oh iya FYI tes SKD dan SKB berbeda dengan tes kali ini karena bukan merupakan satu rangkaian tes (beda lembaga). Buat yang lagi jobseeker nih, musim pandemi gini bagaimana proses rekrutmen yang kalian lakukan? Aku sendiri pada musim pandemi seperti ini masih terlibat dalam beberapa tahap rekrutmen. Sebenarnya awal rekrutmen ini sendiri pada bulan Januari dan proses kelanjutannya terhenti karena pandemi. Pengumuman lolos sendiri sekitar awal Maret dan sampai awal Mei pun masih belum ada kabar baik. Saat itu aku tidak berharap banyak sih karena yaa menyadari dengan penuh bahwa keadaan saat ini tidak memungkinkan untuk diadakan rekrutmen. Bahkan bisa saja rekrutmen tersebut dibatalkan jika memang keadaan memaksa begitu. Tapi ternyata jalan beberapa hari di bulan Mei ada kabar baik bahwa proses selanjutnya yaitu micro teaching, interview SDM dan manajemen dilakukan secara online dan akan dilaksanakan satu minggu lagi. Kaget banget dong saat itu, kaget senang akhirnya ada kabar baik dan beneran kaget karena materi belum matang. Setelah persiapan seminggu yang matang, Alhamdulillah proses rekrutmen berjalan lancar dan aku mau share tips yang dapat kalian lakukan ketika akan menjalani tes dosen bagian ini karena jujur aku tidak mendapatkan informasi cukup ketika browsing tentang tes yang akan aku jalani. Check it out!
1.       Siapin Materi
Jangan lupa menyiapkan materi yang akan kamu presentasikan sesuai program studi yang kamu pilih. Misalnya nih aku lulusan akuntansi maka aku membuat materi tentang jurnal penyesuaian, piutang dan lainnya.
2.       Siapkan Slide Power Point, Sketsa atau Apapun untuk Mendeliver Materi
Jaman sekarang banyak sekali ide yang dapat kamu gali untuk membuat slide presentasi. Aku membuat slide materi presentasi pakai media instagram story. Apapun yang dapat kamu lakukan yaa lakukan aja yang terpenting jelas, dapat dibaca dan mudah dipahami.

Ini contoh slide yang aku buat dengan menggunakan instagram story

3.       Buat Note
Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat note. Note apa tuh? Note yang berisi ringkasan materi yang akan kamu paparkan. Poin-poin materi tersebut akan mempermudah kamu dalam mendeliver informasi ke lawan bicara.
4.       Practice cause Practice Make Perfect
Materi udah ditangan, slide materi presentasi bagus, note siap terus selanjutnya apa? Latihan menyampaikan materi secara terus menerus dengan melibatkan orang lain. Satu minggu aku gunakan untuk latihan melalui video conference dengan teman-temanku sebagai peserta yang akan memberikan feedback seperti “gunakan interaksi han” “bagian ini kayanya mending dibagi secara umum dan khusus” “kalau ini dikurangin gimana?” dan pertanyaan terkait isi materi. Selama satu minggu aku fokus menguasai materi, belajar hal-hal terkait materi dan mempelajari program studi pilihan secara luas. Bahkan H-1 sebelum tes, aku belajar bareng sampai tiga jam lebih dan karena ini bulan puasa takut tidak kebangun jadi kita akhiri di dini hari. Kalau diterusin bisa sampai shubuh kali ya hahaha. Beberapa orang bilang H-1 itu santai aja, makan enak, dan nyenengin diri sendiri. Pemikiranku karena aku merasa ada hal-hal yang masih aku ingin dalami jadi masih belajar bareng deh. Hanya saja belajarnya tidak seserius beberapa hari kebelakang.

Alhamdulilah hari itu berjalan lancar dan ini sedang menunggu pengumuman lebih lanjut. Kira-kira apa sih yang ditanyain SDM, manajemen dan proses ketika micro teaching?
Micro teaching akan didominasi dengan pengetahuanmu mengenai materi yang kamu bawakan dan materi yang berkaitan dengan itu. Banyak baca dan banyak mencari tahu adalah koentji dalam stage ini.
Wawancara SDM akan didominasi dengan personality diri kamu. Kekurangan dan kelebihan, pilihan hidup, pandangan hidup, dan lainnya.
Wawancara manajemen akan didominasi dengan teknik pengajaran, wawasan akan lingkungan yang akan kita tuju, motivasi, dan lainnya.

“Eh sebentar, bedanya SDM sama manajemen apa ya?”

Oke jadi SDM ini merupakan perwakilan dari SDM lembaga sedangkan manajemen ini langsung berhadapan dengan calon atasan kita saat bekerja nanti (dekan, ketua department, ketua program studi). Kebetulan untuk proses rekrutmen ini, sebelum tahap ini ada juga interview dengan psikolog. Jadi total ada tiga kali interview dengan total empat interviewer.
Udah jelas belum nih? Nanti akan aku jelaskan tentang keseluruhan proses rekrutmennya dalam artikel berbeda. See you!

No comments:

Post a Comment