Thursday, May 28, 2020

Masa Karantina : Bikin Shihl*n di Rumah

Halo semuanyaaa! Selamat lebaran yaa kalian, eh gimana masa karantinanya? Aku tahu pasti bosan sekali di rumah terus tapi yuk kita buat lebih menyenangkan. Jujur mulai kehilangan ide buat masak di dapur. Buka freezer ada dori sekilo, mulai mikir buat bikin dori mentai, dori salted egg atau fried dori? Bumbu serbaguna sih ada tapi kok rasanya pengen bereksperimen yang lain ya. Kebayang shihlin langsung sih. Tiga bulan masa karantina lumayan kangen juga. Yuk bikin yuk...

Bahan-bahan:
Pertama yang harus dilakukan adalah marinasi ayam atau ikan yang akan digoreng dengan bahan dibawah ini kemudian masukkan ke kulkas sekitar satu-dua jam.

Bahan marinasi:
Kaldu jamur
Garam
Merica bubuk
Saos tiram
Bawang putih bubuk

Bahan tepung:
Air
Tapioka

Bahan adonan basah:
Tepung serbaguna
Air

Bahan celup:
Telur

Cara membuat:
1. Marinasi ayam atau ikan fillet dengan bahan bumbu marinasi, untuk takarannya kalian bisa menyesuaikan sesuai selera. Kunci masakan enak adalah tidak pelit dalam memberikan bumbu atau rempah-rempah. Masukkan ke kulkas dan diamkan selama satu-dua jam. 
      2. Selagi menunggu bumbu meresap kita siapkan tepungnya dulu. 
     3. Masukkan tepung tapioka ke baskom dan masukkan air. Padatkan tepung tapioka sampai benar-     benar padat dan jangan sampai ada air atau masih cair. Pastikan benar-benar sudah padat dan keras.   
      4. Garuk adonan padat dengan garpu. 
      5. Adonan yang sudah terbentuk saring dengan saringan agar membentuk butir-butir kecil yang sama. Pastikan saringannya tidak kebesaran dan tidak kecil semacam serbuk yaa hasilnya. 
      6. Oven pada suhu 100’ derajat dengan waktu 15 menit. 
    7. Keluarkan loyang dan orak-arik jika butirannya menyatu. Kalau ternyata masih ada yang lembab karena lapisannya terlalu tebal maka bisa kamu saring lagi terus masukin oven 5 menit aja. Selesai. Tanda tepungmu berhasil adalah jika butiran tepung dimasukkan ke air, tepungnya utuh sebagai butiran bukan meluruh bersama air.
     8. Keluarkan ayam atau ikan fillet yang sudah dimarinasi. 
     9. Siapkan kocokan telur di baskom.   
     10. Siapkan adonan basah terdiri dari tepung serbaguna dan air. 
     11. Balurkan ke kocokan telur. 
     12. Masukkan ke tepung shihl*n. 
     13. Masukkan ke adonan basah. 
     14. Masukkan lagi ke tepung shihl*n. 
     15. Panaskan minyak penggorengan. 
     16. Goreng sampai golden brown. 
     17. Potong ayam atau ikan yang selesai digoreng kecil-kecil. 
     18. Taburi bubuk cabe atau bumbu lain sesuai selera. 
   19.VOILA rasa kangen sama sh*hlin terobati deh dengan modal bahan yang ada di dapur. Ini aku buatnya dadakan juga dan ngandelin bahan yang ada aja.

Resep ini dijamin anti gagal karena aku juga baru bikin pertama kali dan langsung berhasil. Yok bisa yok!

No comments:

Post a Comment