Tuesday, May 26, 2020

Online Test SKD dan SKB Calon Dosen Kala Pandemi Covid-19

Source:inc.com

Halo semuanya! Lama banget dari terakhir kali bahas yang serius ya. Aku harap kalian semua sehat walaupun keadaan sedang tidak berpihak pada kita. Akhirnya desember tahun lalu aku menyelesaikan pendidikan magister akuntansi. Usai lulus, seperti manusia pada umumnya, aku apply kerjaan dari A-Z hingga akhirnya pandemi melanda dan menyebabkan semua rekrutmen berjalan tidak sesuai timeline.
Untungnya beberapa instansi masih mengadakan rekrutmen ditengah pandemi seperti ini. Pasti mulai penasaran, bukannya rekrutmen CPNS diundur ya? Kok tes SKD dan SKB? Kalian tidak salah baca dan aku tidak typo kok. Aku tes SKD dan SKB bukan sebagai CPNS tapi sebagai calon dosen tetap. Jujur saja dari 2016 aku sudah sering sekali mengikuti tes secara online, namun tes kali ini berbeda dari yang sudah-sudah. Kali ini tesnya benar-benar diawasi sama pengawas yang langsung memonitor kegiatan atau aktivitas kita. Setiap pengawas kira-kira mengawasi dua puluh orang peserta. Eh gimana itu cara mengawasinya? Bukannya kalau SKD dan SKB harus pakai komputer atau perangkat yang khusus disediakan panitia? Sama kok aku juga pakai software khusus dan benar-benar terproteksi untuk adanya beberapa bentuk kecurangan seperti buka browser atau kalkulator. Penasaran gimana? Check it out
1.       Group Whatsapp
Peserta dikumpulkan dalam group whatsapp dan dibriefing tentang proses rekrutmen kedepan. Panitia mengirimkan file dalam Google Drive yang isinya software dan tata cara penggunaan
2.       Install Software Tes di Laptop
Peserta harus install program dan menyetting beberapa hal dalam laptop atau komputer masing-masing. Kemudian untuk username dan password sesuai dengan data biodata masing-masing peserta yang hanya dapat login pada waktu yang telah ditentukan. Ketika selesai menggunakan aplikasi, kita harus memencet tombol khusus kemudian memasukkan password baru dapat keluar aplikasi. Cukup rumit untuk memitigasi adanya segala bentuk kecurangan.
3.       Install Google Meet di Handphone
Eh buat apa google meet? Google meet digunakan untuk memonitor segala bentuk aktivitas peserta saat melakukan tes. Ketika tes dibuat group kecil berisi 20 orang dengan pengawas ujian. Video conference dilakukan 30 menit sebelum ujian dimulai dan kode untuk tes akan diberikan melalui google meet. Jadi benar-benar semua peralatan elektronik digunakan dan kita tidak bisa melakukan apapun yang dapat mengindikasikan kecurangan
4.       Trial Test
Nah sebelum tes beneran ini dilakukan, dilakukan trial tes dua hari sebelum tes yang sesungguhnya. Trial test dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika tes. Setelah melakukan trial test, ada kuesioner yang harus kita isi untuk perbaikan tes yang sesungguhnya. Trial test ini dilakukan dua kali sebelum tes beneran.
5.       Test
SKD dan SKB ini dilakukan secara bersamaan gitu. Setelah SKD dilanjutkan dengan SKB, kebetulan jurusanku akuntansi jadi aku mengerjakan soal akuntansi. Usai SKD dan SKB keluar skor secara langsung. Habis tes langsung deh screen shoot dan sharing ke temen berapa skor masing-masing hahaha.
Gitu aja sih pengalaman tes SKD dan SKB onlineku. Ada selentingan sepertinya SKB CPNS bakalan dilaksanakan tahun 2021. Tapi tidak menutup kemungkinan SKB akan dilakukan seperti yang aku lakukan diatas. Apapun keadaannya, jangan lupa belajar dan bersiap ya! Terima kasih sudah bertahan dan ini semua akan berakhir, semangat!

No comments:

Post a Comment