Wednesday, March 29, 2017

Recruitment Astra International : Astra Virtue

Saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman saya dalam menjalani rekrutmen yang diadakan oleh Astra International. Untuk kalian para jobseekers termasuk saya juga sih ya ini merupakan beberapa tahapan yang akan kalian lakukan ketika apply Astra International.

1. Registrasi melalui Astra Virtue
Para jobseeker sebelumnya melakukan registrasi di web Astra Virtue. Astra Virtue sendiri merupakan job fair online yang diadakan oleh Astra International untuk mewadahi Astra Group dalam melakukan rekrutmen. Berikut merupakan halaman web Astra Virtue namun karena memang tidak ada rekrutmen, penampakan websitenya seperti dibawah ini.

2. Pilih Menu Job
Setelah melakukan registrasi, kamu bisa memilih maksimal tiga macam pekerjaan yang sesuai dengan background kamu. Pasti kalian bertanya kan disana banyak perusahaan yang open recruitment dengan banyak macam pekerjaan nah bagaimana saya bisa tahu mana saja yang sesuai dengan saya? Tenang saja Astra Virtue ada menu "job sortir" dimana kamu bisa mensortir pekerjaan yang sesuai dengan kamu. Misalnya saya nih maka saya akan memilih "accounting" untuk macam keywordnya saya lupa tapi tidak jauh dari accounting atau finance saat itu.

3. Konfirmasi
Setelah kamu melakukan registrasi dan memilih tiga macam pekerjaan, maka secara otomatis Astra Virtue akan mengirimkan email bahwa kamu berhasil apply pekerjaan tersebut dengan memberi list tiga macam pekerjaan yang kamu pilih. Jadi jangan khawatir lupa sudah apply mana saja.

4. Tahap I Administrasi
Setelah semua tahapan selesai, saatnya kamu menunggu konfirmasi dari Astra International mengenai lolos atau tidak lolosnya. Waktu yang diestimasikan oleh Astra International sendiri selama dua minggu. Jadi persiapkan dirimu selama dua minggu tersebut ya. Pengalaman yang saya alami, saya diberitahu Astra International kurang lebih selama dua minggu setelah apply melalui sms dan email. Saat melakukan registrasi, Astra International memberikan beberapa pilihan kota test dan saya memilih Surabaya sebagai kota test namun sayangnya saya mendapat panggilan ke Jakarta. Informasi pengumuman lolos tes sendiri dikirimkan hari kamis malam dan test dilakukan pada hari senin. Saya sempat galau dan bingung mau berangkat apa tidak karena jauh dan peluang lolos juga masih abu-abu mengingat baru tes awal. Namun disisi lain banyak yang mengeluh tahap awal Astra International ketat sekali dan jarang yang mendapat panggilan. Jadi karena beberapa alasan saya putuskan untuk terbang ke Jakarta.

5. Tahap II Psikotest
Psikotest dilakukan di Astra International di daerah Sunter. Berbeda dengan proses rekrutmen perusahaan lain, Astra International menggunakan iPad untuk proses tesnya. Sebelum melakukan tes, kita diwajibkan mengumpulkan CV dan formulir data diri yang diberikan Astra International melalui email. Kemudian kami mendengarkan penjelasan dari video tentang alur tes mnggunakan iPad. Oh ya didalam rangkaian tes ada waktu dimana kita harus selfie beberapa foto kemudian nanti akan ke detect foto tersebut merupakan identitas dari nama siapa begitu. Pada awalnya karena malu kami para peserta saling pandang baru memberanikan diri mengangkat iPad untuk selfie.
Sub I
Psikotest tersebut seputar menebak kaitan kata yang diacak. Misalnya PENSIL-BOLPOIN BAJU-....
Namun susunannya bukan begitu melainkan NSELPI-NOPLIOB UAJB-....
Bagian ini sangat membuat saya bingung karena kata acakan bisa bermakna bias misalnya susunan kata SIAB bisa berarti BIAS atau BISA APUL bisa berarti LUPA atau PALU dll
Sub II
Kemudian ada deret angka, untuk deret angka kalau kalian tahu kunci dan alurnya insyaAllah mudah karena menurut saya susahan deret Telkom.
Sub III
Setelah itu ada test mengenai kaitan kata satu dengan yang lain sama seperti psikotest pada umumnya kuncinya cari yang paling mendekati.
Sub IV
Menarik kesimpulan dari dua premis yang berbeda. Pasti jenis soal ini juga sering sekali kalian jumpai bukan?
Sub V
Soal cerita yang berisi keterangan mengenai urutan orang atau barang dengan permisalan. Nah saran saya untuk soal ini jangan terlalu terpacu pada satu soal karena kemarin itu saya sudah terpaku pada satu soal eh segitu banyak penyataan ternyata hanya satu soal saja saya kira satu soal tetapi terdiri dari banyak jawaban. Its very wating time :(
Sub VI
Mencari bayangan gambar, jadi kita mencari pencerminan dari gambar yang paling mungkin. Jujur pada tahap ini saya sudah pengen lambaikan tangan :(
Sub VII
Bagian psikotest apa yang paling nyebelin?Pasti sebagian besar menjawab bagian kubus berputar. Nah psikotest Astra International juga ada tes kubusnya tapi yakin aja pasti bisa kok.
Sub VIII
Sub tes ini merupakan tes yang disuruh untuk menghafal beberapa informasi dan nanti kita disuruh menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan informasi.
Misalnya nih ya
Nama : Budi Susilowati
Gelar : SH
Alamat : Jl Halmahera no.109 Bandung
TTL : Bandung, 27 Januari 1992
Nama ayah : George Harapan Jaya
Nama ibu : Mawar Ditaman Harum Baunya
Kalian akan diberikan data seperti diatas beberapa orang kemudian nanti pertanyaannya begini
Dimana Budi Susilowati tinggal?
Siapakah yang paling tua?
dan banyak lagi pertanyaan lainnya....
Sub VIIII
Sub ini merupakan sub yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk berpikir. Ada sekitar 100an pernyataan kemudian kita jawab sesuai skala yang diberikan.

Untuk urutan sub tesnya sendiri saya lupa yang mana yang duluan tetapi kurang lebih seperti itu. Setelah melalui tes, kita mengisi kuesioner mengenai pelayanan proses rekrutmen Astra International dan pulang. Eh iya Astra International menyediakan kita kotakan snack dan air mineral jadi jangan khawatir kelaparan. Untuk hasil psikotest sendiri diumumkan sekitar dua sampai tiga minggu. Untuk tahapan selanjutnya akan saya posting lagi dilain waktu ya....

2 comments:

  1. Wow thx so much kak bwd infonya. Minggu dpn maw tes. Setelah setahun lulus baru kali ini daftar astra hhe. Thx soo much kak

    ReplyDelete