Friday, May 24, 2019

Resep Pancake Banana Oat, Menu Sahur Andalan

Halo gengs, sudah hari ke-18 bulan Ramadan nih! Lancar kan puasanya? Full atau sudah bolong?
Ramadan kali ini buat aku sama seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya jadi anak rantau yang kalau sahur hanya berteman bunyi alarm dan suara sayup masjid terdekat dari kos. Situasi anak rantau ini membawa sisi kemalasan dan kemageran level dewaku untuk makan sahur (tipe gabisa makan sendirian tapi jadi anak rantau mau gamau yaa harus makan sendirian huhu).

Tahu kan kalau makan sahur itu membawa keberkahan untuk kita dan berkahnya ada diwaktu akhir waktu sahur. Nah aku biasanya sahur pukul 03.45, mepet imsak banget hahaha. Sebenarnya aku tipe orang yang gak sahur pun tidak masalah tetapi mumpung Ramadan penuh berkah yaaa semaksimal mungkin dong pengen nabung berkahnya. Oleh sebab itu aku selalu bangun sahur minimal minum air atau kalau gak gitu makan dua lembar roti gandum, pisang atau bakpao. Kenyang sampai maghrib? BANGET DAN ANTI LAPAR, SERIUS!

To be honest mulai bulan ini aku memutuskan untuk tidak makan nasi. Jadi gausah kaget menu sahurku begitu praktis dan efisien. Nah mumpung lagi rajin dan tidak mager aku mau sharing menu sahur praktisku nih. Menu sahur ini efektif dan efisien, murah dan gampang ditemukan anak rantau, kemudian yang paling terpenting dapat mendukung diet kamu. Penasaran gak nih? Check it out.

Pancake Banana Oat

Ingredients:
5 sdm oat
1 buah pisang
1 sdt garam
100 susu cair low fat
½ sdt baking powder
1 butir telur
1 jar Skippy Peanut Butter

Cara Memasak:
  • Siapkan oat ke dalam wadah dan masukkan susu
  • Masukkan potongan pisang dan hancurkan dengan bantuan sendok
  • Masukkan garam dan baking powder
  • Campurkan telur ke dalam adonan
  • Panaskan teflon dengan api kecil
  • Masukkan adonan dengan bentuk sesuka hati (aku bentuknya bulat yaa gengs)
  • Tunggu sampai pancake kecoklatan atau matang
  • Balik adonan sampai dua sisi matang secara keseluruhan
  • Angkat pancake ke piring
  • Oleskan Skippy Peanut Butter selagi pancake masih dalam keadaan panas agar selai Skippynya lebih meresap ke pancake
  • Pancake siap dinikmati
Kalian pasti bertanya kenapa kok harus pakai Skippy Peanut Butter? Jawabannya simple banget karena kalorinya rendah. Terdapat 210 kalori dalam 1 porsi Skippy Chunky Peanut Butter dengan rincian kalori sebagai berikut 73% lemak, 13% karbohidrat, 13% protein. Kemudian informasi penting nih Skippy Peanut Butter ini mengandung 85% kacang. Udah pasti bikin ngiler kan.

Gimana? Mudah bukan menu sahur SKIPPY? Kalian bisa menemukan bahan-bahan tersebut di supermarket, minimarket atau pasar terdekat dari kos kalian. Harganya pun sangat terjangkau untuk anak rantau terutama mahasiswa tingkat akhir di akhir bulan. Kemudian yang paling penting yaaa kalorinya rendah. Jangan lupa selagi hangat makannya bisa dengan kopi tanpa gula atau teh tawar.

Eh kak di kos aku tidak ada dapurnya jadi tidak bisa bikin pancake dengan teflon gimana dong? Gampang banget ceu, ada mejikom kan? Nah itu alat atau senjata utama anak rantau untuk hidup. Caranya pun segampang menggunakan teflon, hanya saja kamu olesin margarin sebelum menuangkan adonan. Hal tersebut bertujuan agar adonan tidak lengket dan adonan dapat matang secara sempurna. Langkah memasaknya pun sama seperti menggunakan teflon kok. Harus super kreatif menggunakan alat yang ada di kosan untuk bertahan hidup. Itu seni anak rantau bukan?

No comments:

Post a Comment