Saturday, September 23, 2017

Standar SPBU PT. Pertamina dalam GIIAS Surabaya 2017


Kemarin kebetulan karena hari libur dan sedang tidak memiliki janji apapun, saya memutuskan untuk pergi ke salah satu event automotif berskala Internasional. Jadi di Grand City Surabaya, ada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Daam event ini, banyak hadir vendor-vendor mobil berskala internasional. Ada beberapa mobil yang menarik perhatian saya (hanya menarik) karena untuk mengendarainya saya pun tidak bisa.

Dalam event tersebut, saya mengunjungi booth PT. Pertamina (mimpi menjadi pegawai PT Pertamina masih ada walaupun tidak pernah lolos tahap administrasi :p). Mungkin takdirnya bukan jadi pegawai PT. Pertamina tetapi jadi istri PT. Pertamina. Kebetulan saat berada di booth PT. Pertamina, kebetulan sedang berlangsung SPBU Talk yang merupakan wadah PT. Pertamina mempresentasikan mengenai edukasi SPBU dan adanya tanya jawab antara pengunjung dengan presenter yang merupakan pegawai PT. Pertamina.



Dalam SPBU Talk banyak sekali bahasan yang asing untuk saya. Seperti berubahnya slogan Pasti Pas dengan Pasti Prima. Perubahan atau reinkarnasi slogan tersebut juga menandai semakin meningkatnya effort PT. Pertamina dalam melayani konsumen dan memberikan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi. PT. Pertamina telah merumuskan beberapa syarat SPBU sesuai dengan standar yang diterapkan, seperti:

 ↬Integrated Energy Fuel

SPBU harus memiliki minimal tiga bahan bakar yang dijual. Misalnya menjual premium, pertamax dan pertalite. Nah jika SPBU tidak memiliki tiga bahan bakar maka akan diberikan teguran bahkan sanksi atas penurunan kualitas.

2.       ↬Non Fuel Retail
Dulu fungsi SPBU adalah tempat mengisi bahan bakar saja. namun sekarang, PT. Pertamina membuat standar bahwa SPBU harus memiliki non fuel retail seperti swalayan, restaurant, ATM dan tempat servis kendaraan atau yang sering kita sebut bengkel. Adanya pergeseran tujuan mengunjungi SPBU salah satunya adalah perubahan gaya hidup. Dulu mobil di Indonesia jarang yang punya dan sekarang bahkan satu rumah memiliki dua mobil bahkan lebih. Karena sebagian besar memiliki mobil, maka ketika bepergian terutama jarak jauh akan menggunakan mobil dan SPBU merupakan sarana yang aman dan nyaman untuk beristirahat sejenak. Oleh sebab itu, PT. Pertamina berkomitmen untuk memberikan pelayanan bagi kenyamanan konsumen dengan memberikan fasilitas seperti swalayan, restaurant, ATM dan bengkel.

3.       ↬Better Customer Service
PT. Pertamina selalu mengedepankan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi oleh sebab itu PT. Pertamina mengedepankan poin better customer service dengan memberikan berbagai fasilitas tambahan selain pengisian bahan bakar, pegawai SPBU yang ramah dan lainnya. Nah sebagai dukungan untuk memberikan pelayanan terbaik, PT. Pertamina dalam hal ini SPBU diaudit oleh pihak eksternal untuk menilai dan sebagai control kualitas SPBU.

4.       ↬Digital Utilization 
   PT. Pertamina meluncurkan aplikasi Pertamina GO yang berisi mengenai letak SPBU, informasi kendaraan anda dan dapat disetting sebagai bentuk pengingat kapan memperbaharui STNK atau servis motor dan games seru ketika dalam perjalanan (kecuali untuk yang menyetir).

5.       ↬Cashless
Untuk mendukung program pemerintah dalam hal cashless, PT. Pertamina meluncurkan My Pertamina Loyalty Program dengan berbagai benefit yang menguntungkan konsumen. Selain menguntungkan konsumen juga membantu PT. Pertamina dalam hal mengurangi pemalsuan uang, pembayaran seharga transaksi dan lainnya. Selain itu PT. Pertamina kerjasama dengan Bank Mandiri dalam hal credit card yang memiliki banyak benefit juga.


Penasaran bagaimaa serunya GIIAS 2017 surabaya? Yuk datang ke Grand city dan jangan lupa ikutan bermain dan merasakan sensasi menyetir dan balapan di simulator challenge PT. Pertamina dan tidak lupa yang rajin foto cukup memberikan hashtag dan memilih foto untuk dicetak di photo box PT. Pertamina.

No comments:

Post a Comment