Thursday, August 31, 2017

7 Tempat Wisata Mistis Di Yogyakarta

Photo: cdn.brilio.net
Yogyakarta, kota sejuta pesona yang satu ini, ternyata menyimpan sejuta cerita mistis di setiap sudutnya. Setiap kali Anda berkunjung ke kota Gudeg ini, Anda akan selalu menemukan cerita dan pengalaman baru. Nah, bagi anda yang senang beruji nyali dan menjelajahi berbagai tempat-tempat yang bernuansa mistis, kota Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi. Ingin tahu dimana saja tempat-tempat bernuansa mistis di Yogyakarta? Berikut ulasannya:

● Bermain Ayunan di Puncak Becici
Katakan “Permisi” Sebelum Memainkan Ayunan Di Tempat Ini - Puncak Becici
Kawasan Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jogja. Puncak Becici memiliki spot yang istimewa, dimana Anda bisa menikmati keindahan lanskap pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Dan siapa yang menyangka, dibalik keistimewaannya, puncak Becici menyimpan cerita misterius, di tempat ini, terdapat sebuah ayunan yang tergantung di sebatang pohon. Konon, jika ada yang memainkan ayunan tersebut tanpa permisi, maka dia akan merasa ada dorongan kuat dari belakang, hal tersebut diyakini bahwa anak kecil penunggu ayunan tersebut, merasa terganggu dengan orang yang duduk di ayunannya tanpa permisi.

● Berkenalan Dengan Noni Belanda - Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat wisata wajib untuk dikunjungi ketika sedang berada di kota Yogyakarta. Benteng yang merupakan tempat pertahanan Belanda ini, selain kental dengan nuansa sejarahnya, juga menyimpan cerita horor di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, ketika malam tiba, sering terlihat penampakan noni Belanda cantik yang berkaki kuda. Cerita seram lainnya, saat malam tiba, terdengar suara pasukan tentara yang sedang berlatih, setelah dilihat, ternyata sosok tubuh-tubuh tersebut tidak memiliki kepala. Tidak berhenti sampai di situ saja, kisah mistis lainnya terjadi pada tahun 1988 lalu, saat pasar Bringharjo sedang mengalamai renovasi, ada sebuah kejadian menggemparkan, dimana terdengar teriakan yang sangat kencang dari dalam benteng ini. Setelah ditelusuri, ternyata suara tersebut disinyalir adalah suara teriakan dari arwah-arwah yang menjadi tawanan pada zaman Belanda dahulu. Tempat yang tepat menguji nyali anda, berani coba?

Nuansa Gothic Sekaligus Mistis - Gereja Sayidan
Gereja Sayidan merupakan sebuah bangunan gereja tua yang terletak di kawasan Gondomanan. Bangunan gereja ini memiliki arsitektur khas gothic, dengan aksen salib di bagian menara dan patung Yesus yang tengah menunjuk ke arah Keraton, Yogyakarta. Baru melewati bagian luar gereja saja, sudah bisa dipastikan bulu kuduk anda akan berdiri, begitu memasuki areal dalam gereja, aura horor sangat kental terasa. Menurut pengakuan orang-orang yang pernah masuk dan menjelajahi area gereja Sayidan, begitu anda menampakkan kaki ke dalam gereja ini, aura mistisnya sudah mulai terasa. Di dalam gereja, banyak terdapat lorong lorong panjang yang kotor, pengap, dan becek, altar dan lantai sudah rusak karena tidak terawat, dan terdapat sebuah ruang rahasia bawah tanah. Gereja Sayidan ini juga dipenuhi oleh tulisan-tulisan berbahasa Belanda, bagian dalam gereja yang kosong dan kotor, semakin menambah kesan horor gereja tua ini.

● Bangunan Megah Diatas Tanah Keramat - Plaza Ambarukmo

Siapa yang tidak kenal mall yang satu ini? Jauh sebelum dibangun seperti sekarang, dahulu, lahan dari plaza Ambarukmo merupakan bekas pesanggrahan Ambarukmo Yogyakarta. Pesanggrahan ini, dahulunya merupakan tempat suci yang sering dijadikan sebagai tempat berziarah yang dikeramatkan. Karena dibangun di atas lahan keramat, maka tak heran jika Plaza Ambarukmo memiliki beragam kisah mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Konon, ada cerita mengenai seorang petugas kebersihan yang mengaku pernah melihat penampakan hantu di atas toilet lantai 1, dan tak hanya berhenti sampai disitu, pada tahun 2010 lalu, di area parkir lantai 1 pernah ditemukan seseorang yang meninggal di dalam mobil. Semenjak kejadian tersebut, areal parkir ini ditutup hingga sekarang.

● Menonton Bersama Hantu - Bioskop XXI

Sebelum bioskop XXI dibangun, tempat ini adalah bioskop Regent, hingga suatu hari, terjadi kebakaran hebat hingga mengakibatkan 15 nyawa melayang. Akhirnya, tempat ini dilakukan renovasi ulang dan dibangunlah Bioskop XXI, dan semenjak itu mulai banyak bermunculan cerita soal keangkeran tempat ini. Mulai dari terciumnya bau busuk berupa daging gosong ketika di tengah tengah pemutaran film, sampai suhu ruangan yang tiba tiba menjadi terasa lebih panas. Bahkan, pernah ada 4 orang penonton yang kebetulan sedang menonton midnight. Mereka bersaksi, bahwa saat itu suasana ruangan sangat ramai,.dan kursi penonton penuh, bahkan mereka juga sempat berbincang dengan penonton lain tersebut. Namun, begitu film selesai, mereka baru tersadar, bahwa ternyata tidak ada penonton selain mereka berempat.

Villa Dengan Sejuta Cerita Mistis - Villa Eden Kaliurang
Di kawasan jalan Kaliurang Yogyakarta, terdapat sebuah villa, yang konon menyimpan cerita horor nyata dan benar-benar pernah terjadi. Berawal pada tahun 2008, saat sebuah rombongan pelajar SMP dari Jakarta yang bermalam dan menginap di villa ini, sebuah kejadian janggal pun terjadi pada mereka. Ketika memasuki salah satu ruangan kamar, tiba tiba setingan tanggal di handphone mereka dan kalender di kamar tersebut berganti menjadi 12 September 1977. Seketika mereka kaget dan tak percaya, begitu keluar dari ruangan tersebut, setingan waktu dan tanggal di handphone mereka kembali normal. Cerita horor lainnya tidak hanya berhenti disitu saja, ada salah seorang siswa yang mengambil foto temannya yang sedang berpose di dalam kamar, dan terdapat keganjilan dari hasil foto, bukan sosok temannya yang ada didalam foto, melainkan sesosok wujud yang sudah tua.

● Sosok Penjual Jamu Di Atas Gunung - Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Nglanggeran yang memiliki ketinggian 700 mdpl ini, sering dijadikan tempat pendakian favorit para pecinta alam. Gunung Api Purba di Yogyakarta ini juga terkenal dengan cerita mistisnya. Salah satu cerita mistis di gunung ini, bermula saat ada 2 orang pendaki yang tengah melakukan pendakian, karena ketinggiannya hanya 700 mdpl, mereka yakin bisa sampai di puncak hanya dalam satu hari saja. Namun, ketika baru setengah jalan, langkah mereka menjadi terasa berat, kemudian mereka memilih untuk beristirahat sejenak. Dan dari kejauhan, muncul sesosok wanita penjual jamu yang melambaikan tangan kepada kedua pendaki tersebut, bercampur rasa kaget dan penasaran, saat mereka mendekat, tiba tiba sosok tersebut menghilang begitu saja. Dan tanpa berfikir panjang, kedua pendaki tersebut menghentikan perjalanan dan memutuskan untuk pulang dan batal mendaki gunung. Anda ingin membuktikan sendiri?

Meskipun terkesan seram, kota Yogyakarta selalu menghadirkan cerita indah yang menjadi alasan para wisatawan untuk selalu merindukan kota Gudeg. Boleh dibilang, tidak cukup sekali untuk bisa puas menjelajahi berbagai tempat-tempat di sudut kota Yogyakarta. Setelah puas menjelajahi semua tempat-tempat wisata mistis di atas, anda bisa mencari dan menginap di hotel murah di Yogja Lakukan booking hotel di Jogja melalui situs booking online terpecaya, reservasi.com. Selamat berwisata uji nyali!


No comments:

Post a Comment