Saturday, April 15, 2017

Makanan Khas Bulan Ramadhan

Source:www.fiqhmenjawab.net
Menjelang bulan puasa atau bulan ramadhan, euforia mengenai bulan puasa atau bulan ramadhan sudah sangat terasa sekali. Disemua minimarket Alfamart sudah berjejeran kardus-kardus yang diatasnya ada tatakan sirup dengan aneka warna dengan pendamping kaleng-kaleng biscuit ala lebaran yang sudah siap membuat kamu meneteskan liur ketika bulan puasa atau bulan ramadhan datang. Kalau sekarang liatnya sih biasa saja tapi bulan depan pasti akan terasa perbedaannya.
Berbicara mengenai bulan puasa dan bulan ramadhan. Apa sih makanan khas bulan ramadhan yang wajib ada di meja makan atau di tudung saji? Nah saya akan mendeskripsikan makanan khas bulan ramadhan . Check it out…

\
     ↝Kurma
Kurma merupakan makanan wajib yang harus ada di meja makan ketika bulan puasa atau bulan ramadhan datang. Anjuran tersebut seperti pada hadist berikut :
"Rasulullah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk” (HR.Abu Daud).
Jadi ketika berbuka puasa atau sebelum sholat diwajibkan untuk berbuka dengan kurma. Lalu siapa yang jual kurma untuk buka puasa? Kurma dapat ditemukan di banyakn tempat seperti di Alfamart dekat tempat kos saya, terlebih ketika bulan puasa atau bulan ramadhan.. banyak deh promonya. Biasanya saya Oh iya berbicara mengenai kurma, ada juga orang yang kreatif dan melakukan inovasi jual kurma untuk buka puasa yang berasal dari tomat. Inspiratif bukan?


2.      Gorengan
Setelah kurma, makanan yang wajib ada di meja makan adalah gorengan. Gorengan merupakan makanan yang di olah dengan cara digoreng. Gorengan yang biasa digemari masyarakat adalah bala-bala, tahu isi, tempe tepung, ubi goreng, singkong goreng, tape goreng dan martabak mini. Nah entah mengapa pesona gorengan dibulan puasa naik 100% dan sayang untuk dilewatkan padahal kan sehabis puasa menahan haus seharian eh makan minyak. Tapi enak jadi yasudahlah…
3.      
        Es
Makan gorengan tidak lengkap jika tidak didampingi dengan es. Es dapat membuat segar kerongkongan setelah seharian menahan haus. Begitu satu tegukan mengalir dikerongkongan langsung segar dan membuat mood naik. Tidak tahu ini merupakan budaya atau bagimana, tetapi tiap kali bulan puasa atau bulan ramadhan, banyak sekali penjual es menjajakan dagangannya. Ketika biasanya dibulan biasa yang jualan es ada lima orang nah ketika bulan puasa atau bulan ramadhan yang jual bisa sampai 20 orang. Bisa naik empat kali lipat.
Kemudian berbicara mengenai es, es apa saja sih yang biasanya ada ketika bulan puasa atau bulan ramadhan? Biasanya penjual es menjual es degan, es campur, es doger, es oyen, es blewah, es duren, es kopyor, es buah dan lainnya. Banyak sekali bukan varian es yang dapat kamu beli. Mumpung bulan puasa atau ramadhan siapkan perutmu untuk menikmati es tersebut. Memanfaatkan moment setahun sekali lah ya…

        Mie instan
Loh kok mie instan sih? Memangnya makanan anak kos.
Disadari atau tidak pada bulan puasa atau bulan ramadhan, mie instan menjadi menu yang wajib ada di meja makan. Kenapa bisa begitu alasannya sangat simple karena mie instan gampang dibuat jadi ketika ibu tidak sempat memasak atau bangun kesiangan ketika sahur maka mie instan adalah makanna yang wajib ada di meja makan.

Nah itu merupakan makanan yang wajib ada di meja makan ketika bulan puasa atau bulan ramadhan datang. Kalau di rumahmu makanna apa yang wajib ada di meja makan?

No comments:

Post a Comment