Thursday, April 27, 2017

Imunisasi? Siapa takut! Baca Artikel Kesehatan Anak ini Dulu!

Source:alodokter

Saat masa pendidikan sekolah dasar masih ingat tidak selama beberapa periode sekali diadakan imunisasi? Dulu memang masih jarang sih artikel kesehatan anak kecuali mungkin di RS atau puskesmas. Saya rasa hampir semua anak di Indonesia melakukan kegiatan tersebut. Saya masih ingat betul bagaimana tiap kali ketika petugas kesehatan datang dan artinya jadwal imunisasi akan terjadi beberapa jam lagi tinggal menunggu giliran masuk ke kelas. Imunisasi tersebut berupa suntikan di lengan dan meminum cairan yang seperti minyak. Kalau sata tidak salah ingat berupa suntikan itu terjadi di tingkat pendidikan sekolah dasar pada kelas awal dan berupa cairan seperti minyak itu dilakukan pada kelas akhir.

Berbeda dengan jaman sekarang mau ada razia handphone atau mau ada razia rambut, berita dapat cepat sekali tersebar dalam sekali klik. Dulu ada kabar apapun ya baru tahu ketika sudah berada di kelas. Sama seperti kabar imunisasi tersebut. Banyak dari teman saya yang takut kemudian sebelum petugas memasuki kelas kami, buru-buru dia pulang kerumah. Kenapa hal semacam itu bisa terjadi, yang pertama karena anak takut pada jarum suntik dan yang kedua karena tidak adanya pengetahuan atau pendidikan mengenai pentingnya imunisasi tersebut untuk kami. Kedua hal tersebut menjadi satu dan akhirnya anak akan memilih untuk kabur atau pergi daripada kesakitan kena jarum suntik atau merasakan eneknya menelan vitamin seperti minyak.

Vitamin seperti minyak sendiri rasanya seperti ikan baunya amin. Kemungkin vitamin tersebut minyak ikan atau entah apa saya sendiri tidak begitu tau mengenai hal tersebut. Vitaminnya bentuknya pun lucu seperti vitamin rambut bentuknya. Jadi sempat kali pertama saya mikir itu buat rambut kok saya telan hahaha.

Balik ke topik, karena lemahnya pengetahuan mengenai pentingnya hal tersebut dilakukan saya akan memberikan beberapa fungsi atau tujuan mengapa hal tersebut dilakukan terlebih dilakukan pada usia anak pendidikan sekolah dasar.
1.      
      ↝Melindungi anak dari PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi)
Anak ketika memasuki pendidikan sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan tubuh yang terjadi pada masa balita. Oleh sebab itu, pemerintah melalukan imunisasi lagi pada pendidikan sekolah dasar dan dikenal dengan sebutan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Program tersebut didasari pada keputusan Menteri Kesehatan RI. Jadi dengan mengikuti BIAS, anak dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

2.       Mengurangi nilai kematian
Dengan mengikuti imunisasi pada usia balita dan mengikuti program BIAS di sekolah, diharapkan nilai kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan lemahnya kekebalan tubuh karena tidak melakukan imunisasi dapat menurun.

3.       Mengajari anak untuk hidup sehat
Program BIAS dapat mengajari anak bahwa sehat itu penting dan untuk membentuk jiwa yang sehat dilakukan dengan melakukan beberapa cara seperti mengikuti BIAS, makan makanan empat sehat lima sempurna, olahraga teratur dan tidak makan makanan sembarangan.

Nah hal tersebut merupakan tujuan atau fungsi diadakannya imunisasi pada tingkat pendidikan sekolah dasar. Untuk mengetahui informasi penting mengenai banyak hal yang berkaitan dengan anak, orang tua dapat membaca artikel kesehatan anak yang dapat dibaca diberbagai media. Karena ini merupakan jaman serba melek teknologi, orang tua dapat membaca artikel kesehatan anak melalui internet. Dengan memiliki informasi mengenai hal tersebut, orang tua dapat mengedukasi anak untuk tidak takut dalam memerangi penyakit nakal dengan melakukan imunisasi.

No comments:

Post a Comment