Saturday, January 21, 2017

Kendalikan Alergi Anak dengan Memperhatikan Makanan Bukan Melarang Makanan

Banyak orang tua takut saat mengetahui buah hati mereka memiliki alergi makanan. Alergi makanan memang bisa menjadi momok yang menakutkan, memang pada dasarnya ada beberapa alergi yang ketika masa dewasa akan hilang, namun ada pula alergi yang tetap ada di dalam tubuh. Sama seperti pengalaman saya ketika kecil dulu alergi sama kue onde-onde tapi alergi itu lama kelamaan menghilang begitu saha. Ketika anak mengalami alergi, biasanya ibu akan panik dan kemudian melarang anak untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan. Sebenarnya, akan lebih baik bila ibu kendalikan alergi bukan malah melarang anak mengkonsumsi berbagai macam makanan. Karena sama seperti ibu kebanyakan, ibu saya berhenti membelikan saya onde-onde ketika saya mulai mengalami alergi.

Ketika anak terkena alergi, sebenarnya ibu dapat berkonsultasi pada dokter dan menanyakan mengenai apa saja yang boleh dimakan anak dan apa saja yang tidak boleh ia makan secara berlebihan. Dari sini, masalah pun selesai, yang membuat rumit sebenarnya adalah ketakutan ibu sebagai orang tua jika ternyata alergi masih saja ditemukan, dan pada akhirnya ibu akan melarang anak mengkonsumsi makanan ini dan itu.

Lantas, bagaimana jika ternyata anak alergi susu? Bila anak terkena alergi susu, biasanya dokter akan memberikan resep serta pemberian susu yang terbaik untuk dirinya. Dokter terlebih dahulu akan memeriksa, seperti apa tingkat alergi yang anak miliki. Selain itu dokter akan memeriksa apa alergi yang dimiliki selain alergi susu.

Sebagai orang tua, ibu berada didalam dilema yang besar. Saat anak alergi susu ia tidak boleh mengkonsumsi susu, hingga berbagai macam makanan yang mempunyai bahan dari susu. Jika seperti ini, bagaimana cara ibu untuk mengendalikan masalah alergi anak dengan baik? caranya dengan mengawasi apa saja yang ia konsumsi seharian. Bila ibu cemas, dari mana nutrisi akan anak dapatkan selain dari susu, ibu bisa memberikan pilihan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. makanan ini seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran sudah pasti sangat baik untuk kebutuhan gizi dan nutrisinya. Selain itu ibu juga bisa mencoba susu pengganti yakni susu SGM. Susu formula SGM memiliki kandungan yang pas, ada pula susu yang dikhususkan untuk anak yang alergi. Jadi untuk para calon ibu jangan panik jika terjadi alergi pada anak.
Pernah mengalami alergi seperti halnya saya yang alergi onde-onde?

2 comments:

  1. anak saya dulu alergi parah, sampe pada akhirnya bisulan hampir sebagian kepala, sedih banget, tapi selepas itu kok ya jadi aman2 aja, udah bisa minum susu, udah bisa makan telur dan sebagainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Alhamdulillah kalau gitu mbak memang kebanyakan alergi menghilang seiring bertambahnya umur :D atau bisa jadi saat itu pas alat makan atau makanannya terkontaminasi sesuatu jadi bukan alergi murni :)

      Delete