Monday, April 27, 2020

Aktivitas Penunjang Informasi Anak Melalui Interaksi saat Makan Bersama

Sebelum masa karantina ini, tahu tidak apa saja makanan yang masuk ke mulut anak? Jajanan kantin? Jajanan luar sekolah? Junk food? Hampir 90% orang tua akan mengatakan tidak tahu karena mereka tidak bisa mengontrol hal seperti itu. 

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua pada masa ini? Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengenalkan makanan yang sehat pada anak dan memberikan beberapa contoh hal yang tidak seharusnya dikonsumsi secara berlebihan dengan makan bersama keluarga.

Pendekatan melalui makan bersama akan lebih bisa diterima anak daripada hanya berfokus pada kalimat “jangan jajan sembarangan”. Aktivitas makan bersama apa saja yang dapat dilakukan untuk memberikan informasi pada anak? Here we go!

Memasak
Meskipun akan drama dan bikin pusing tapi cara paling manjur untuk memberikan pengertian anak mengenai makanan yang baik dikonsumsi adalah dengan melibatkannya dalam proses pembuatan makanan. Memasak makanan dari yang mudah seperti roti bakar sampai baking. Selama memasak, orang tua dapat menjelaskan kegunaan masing-masing bahan makanan. Misalnya ketika memasak sop merah, anak dapat informasi bahwa warna merahnya merasal dari tomat yang rebut kemudian diblender dan disaring untuk menjadikan kuah sop merah lebih enak. Bandingkan ketika makanan tersebut dibeli di beberapa tempat yang asing. Bisa jadi tempat tersebut menggunakan saos yang tidak higienis dan lain sebagainya. Oleh sebab itu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Berhati-hati agar tidak keracunan atau mengakibatkan hal yang buruk bagi kesehatan.

Mempersiapkan meja makan
Setelah melibatkan anak dalam memasak,orang tua dapat melibatkan anak dalam mempersiapkan meja makan. Sepertinya ini bisa menjadi cara untuk anak cowok dalam berperan pada aktivitas di lingkungan rumah. Ketika mempersiapkan makanan, anak akan belajar bagaimana meletakkan makanan yang baik di meja makan, bagaimana sikap yang baik ketika makan dan bagaimana sikap yang harus dilakukan setelah makan. Sepele bukan? Tetapi tidak semua anak punya bekal ini. Menata makanan di meja makan, makan dengan rapi dan menaruh piring kotor ditempatnya dapat membantu ibu atau mbak yang membantu bersih-bersih dalam bekerja.

Obrolan kecil
Dalam aktivitas memasak di dapur dan makan di meja makan, orang tua dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan obrolan ringan di meja makan. Waktu ini dipilih karena semua anggota keluarga berkumpul jadi satu. Oleh sebab itu merupakan moment yang pas jika saling bercerita dan mendengarkan.

Grocery shopping
Siapa yang anaknya kadang suka tidak menghabiskan makanan? Mengajak anak dalam aktivitas grocery shopping dapat membuat anak mengerti pentingnya tidak membuang makanan. Berikan pengertian bahwa sumber bahan makanan tidak selamanya akan berlimpah ruah atau daya beli keluarga menurun. Jadi harus menghargai makanna dengan mengambil secukupkan dan bertanggung jawab menghabiskannya. Kalau perlu berikan animasi atau data sesuai umur anak agar lebih memahaminya.

Beberapa aktivitas tersebut merupakan ide beraktivitas yang dapat dilakukan orang tua dengan anak ketika makan bersama. Banyak sekali manfaat makan bersama keluarga yang dapat diawali dengan grocery shopping, memasak, menyiapkan meja makan hingga makan bersama. Semoga aktivitas diatas dapat membantu keluarga lebih dekat dengan anak. Stay at home and stay healthy!

No comments:

Post a Comment