Monday, August 20, 2018

Beberapa Fakta Menarik Tentang Sejarah Pulsa

pic source: pixabay
Pulsa merupakan sebuah alat pembayaran yang akan digunakan sebagai penggunaan jasa layanan jaringan telepon genggam atau perangkat telekomunikasi dengan memanfaatkan teknologi nirkabel misalnya saja dengan menggunakan modem portable. Alat ini digunakan sebagai pembayaran didalam penggunaan jasa sambungan telepon, layanan pesan singkat (SMS), dan layanan koneksi internet. Penggunaannya hanya untuk layanan seluler prabayar yang akan diberikan oleh operator seluler.

Pada era 90-an pulsa sebagai alat pembayaran ini bermula dipergunakan untuk layanan seluler. Pada awalnya operator seluler ini hanya menawarkan layanan seluler yang berbasis prabayar, sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan terhadap layanan seluler prabayar. Pada saat itu operator seluler ini menolak pengajuan layanan seluler dari masyarakata karena rendahnya rating kredit.

Berikut beberapa fakta menarik tentang sejarah pulsa diantaranya yaitu: 
  • Sebuah perusahaan saham gabungan dari PT Telkom Indonesia, PT Indosat, dan PT Bimagraha Telekomindo yaitu PT Satelit Palapa Indonesia ditahun 1994 menjadi pionir operator seluler GSM yang pertama di Indonesia yang diberi nama Satelindo. Kemudian ditahun 1995 disusul dengan berdirinya Telkomsel dan ditahun 1996 berdirinya Xl Axiata yang menawarkan teknologi penggunaan dari jaringan seluler prabayar.
  • Di Indonesia terjadinya perkembangan operator seluler mulai tahun 1996 hingga 1999 dimana penggunanya itu hingga mencapai 3,6 juta pelanggan, padahal ditahun itu harga kartu perdana itu cukup mahal yaitu sekitar Rp. 100 ribuan keatas. 
  • Istilah pulsa ini pengunaannya bermula dari kesalahan tafsir dari istilah kredit yang kemudian meluas, sehingga menyebabkan lahirnya arti baru dan terjadinya penggantian istilah. Yang menurut KBBI mempunyai arti sebagai satuan diperhitungan biaya telepon karena masyarakat ini mempunyai kebiasaan menyebutnya dengan istilah voucher fisik berisi nominal kredit yang akan bisa digunakan untuk menggunakan berbagai layanan operator seluler.
  • Di Indonesia sekarang ini ada 6 operator seluler yang menawarkan layanan seluler sebagai alat pembayaran pengunaan jasa layanan jaringan telepon yaitu Telkomsel, Xl Axiata, Indosat, Ooredoo, Hutchisom, Bolt, dan Net 1.
  • Sekarang ini kebutuhan akan alat pembayaran ini semakin meningkat seiring dengan terjadinya perubahan pola komunikasi dan keterjangkauan didalam mengakses telepon seluler yang berbasis kepada sistem operasi IOS dan Android. Alat pembayaran ini tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan singakt saja, karena alat pembayaran ini sekarang cenderung digunakan untuk membeli paket layanan data koneksi internet nirkabel. Sehingga memungkinkan para pengguna operator ini akan bisa mengakses internet dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli tanpa menggunakan paket data. Selain untuk melakukan hubungan komunikasi dan mengakses internet, alat pembayaran ini juga dibutuhkan didalam penerimaan notifikasi misalnya transaksi via perbankan mobile, verifikasi keamanan e-mail, dan yang lainnya.
Itulah beberapa fakta menarik tentang sejarah pulsa. Sekarang ini alat pembayaran ini juga digunakan didalam melakukan mikrotransaksi untuk bermain game online dengan berbasis kepada telepon genggam atau aplikasi telepon yang pintar lainnya. Alat pembayaran ini memiliki masa berlaku, dimana jika masa berlakunya telah habis maka tidak akan bisa digunakan lagi. Salah satu perusahaan teknologi yang menciptkan sebuah platform dengan memberikan peluang bisnis kepada masyarakat Indonesia sebagai reseller pulsa adalah Kudo.

No comments:

Post a Comment