Wednesday, July 4, 2018

Jangan Asal Memilih Sepatu, Ini Bahan yang Tepat Sesuai Gaya Traveling Kamu

pic source: pixabay
Memilih sepatu yang tepat mungkin bisa dibilang sama susahnya seperti mencari tiket promo garuda Indonesia. Tentunya dalam memilih sepatu untuk liburan, kamu harus menyesuaikan dengan destinasi yang ingin kamu tuju, misalkan sepatu untuk seseorang yang liburan ke gunung dengan seseorang yang liburan keliling kota akan berbeda sekali.
Nah, berikut ini tips memilih jenis sepatu dan cara merawat sepatu berdasar aktivitas yang akan dilakukan:



Mendaki Gunung
Bagi kamu yang ingin mendaki gunung, maka sepatu yang cocok untuk kamu adalah sepatu yang berbahan sympatex. Bahan sympatex memiliki rongga atau lubang kecil, sehingga kaki dapat ‘bernafas’ dan kaki tidak lembab karena dapat menyerap keringat yang keluar.

Tak hanya itu, tapi pilihlah juga sepatu yang menutupi mata kaki untuk menghindari serangga masuk ke dalam sepatu. Nah, untuk merawat sepatu gunung yang sudah kamu miliki, kamu bisa praktikkan tips berikut ini:
Bagian atas (luar) atau upper sepatu kamu bisa kamu bersihkan dengan menggunakan lap basah atau sikat lembut yang basah, kemudian diusapkan dengan tekanan ke bagian upper supaya noda-noda yang menempel dapat dihilangkan namun tetap tidak merusak bahan sepatu.
Bagian dalam atau insole, sebelum kamu membersihkan bagian ini, sebaiknya kamu melepas insole dari sepatu terlebih dahulu, kemudian baru membersihkannya.

Pakailah sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalamnya, tidak perlu menggunakan sikat yang basah karena pada bagian ini biasanya tidak begitu terkena noda.
Bagian bawah (luar) atau outsole, untuk bagian yang ini kamu harus membersihkan dengan menggunakan sikat yang keras dan basah untuk merontokkan kotoran dan noda yang menempel pada bagian ini karena pada bagian ini biasanya yang paling kotor.

Jalan Keliling Kota Sambil Melihat Bangunan Bersejarah
Untuk kamu yang suka jalan-jalan sambil wisata sejarah, kamu bisa memilih sepatu yang berbahan kanvas. Pasalnya sepatu dengan bahan kanvas atau suede biasanya akan lebih ringan, sehingga nyaman saat berjalan jarak jauh.

Merek sepatu dengan bahan kanvas ataupun suede pastinya kamu sudah tidak asing lagi, seperti sepatu Converse, Vans, New Balance dan merek sepatu lainnya.

Cara perawatan sepatu berbahan kanvas juga terbilang mudah, yakni kamu bisa menggosok sepatu kamu secara perlahan dengan sikat yang dicelupkan ke air hangat dan diberi sabun khusus untuk sepatu, bila noda belum hilang, gosok kembali menggunakan kain nilon. Untuk menyimpannya, kamu bisa menyimpan sepatu kamu di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna tidak cepat pudar.

Sedangkan cara membersihkan sepatu dengan bahan suede juga hampir sama dengan membersihkan sepatu bahan kanvas yaitu dengan menyikat sepatu dengan sikat yang dicelupkan ke air hangat dan sabun khusus sepatu hanya saja sikat yang digunakan harus sehalus mungkin dan jangan hanya membersihkan pada bagian yang terkena noda, namun bersihkan menyeluruh ke semua permukaan sepatu.

Kemudian keringkan di suhu ruangan, jangan di bawah matahari langsung untuk menghindari warna memudar.

Keliling Mall untuk Wisata Belanja
Hampir sebagian besar kaum hawa suka wisata yang satu ini. Jika kamu suka wisata belanja, dengan jalan-jalan dari satu mal ke mal lainnya, maka kamu bisa menggunakan sepatu berbahan kulit yang biasanya berupa flat shoes, karena jenis sepatu ini lentur sehingga nyaman untuk dipakai

Jika kamu mempunyai sepatu berbahan kulit, jangan biarkan sepatu kamu terkena paparan sinar matahari langsung atau hanya diletakkan di rak sepatu dalam waktu yang lama. Pasalnya sepatu berbahan kulit jika berada di rak sepatu terlalu lama, maka dengan sendirinya sepatu tersebut akan mulai terkelupas dan rusak.

Agar tidak mudah rusak dan terkelupas, kamu bisa simpan di dalam suhu ruangan dan bersihkan sebelum kamu menyimpan sepatu kamu. Cara terbaik membersihkan sepatu kulit ini adalah dengan sabun khusus sepatu. Namun mungkin kamu akan kesusahan untuk membeli sabun khusus sepatu, terutama jika kamu termasuk orang yang cukup sibuk.

Nah, untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan jasa laundry sepatu yang mulai ramai belakangan ini.

Rata-rata jasa laundry mematok harga sekitar Rp30.000; untuk cuci biasa (cleaning) yang hanya membersihkan mid sole dan upper sedangkan untuk cuci lengkap (deep cleaning) yang membersihkan in sole, mid sole, out sole, upper dan tali sepatu, jasa laundry sepatu mematok harga Rp45.000.

Nah, itu tadi tips untuk memilih sepatu yang sesuai berdasarkan gaya liburan kamu. Jika menurut kamu tips tadi masih belum lengkap atau ada yang kurang tepat, kamu bisa berikan pendapat kamu dengan memberikan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Bagi kamu yang sedang mencari tiket promo Garuda Indonesia, kamu bisa pesan tiket promonya di Reservasi.com.

Reservasi.com tak hanya memberikan tiket promo Garuda Indonesia ataupun memberikan kemudahan kamu untuk pesan tiket maskapai penerbangan lainnya, tapi di www.reservasi.com kamu juga bisa pesan hotel.

Jadi saat ingin pesan tiket dan hotel di Reservasi.com saja ya!

No comments:

Post a Comment