Tuesday, May 9, 2017

Tips Memilih AC Hemat Energi





Beberapa tahun belakangan ini, kemunculan AC hemat energi terbilang sukses membawa kehidupan manusia untuk semakin ramah terhadap lingkungan. Tapi di luar itu semua, membuat persaingan dalam memproduksi AC yang ramah lingkungan semakin ketat. Saat ini di pasaran ada banyak sekali pilihan AC yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Tentunya akan banyak orang yang lebih mementingkan kualitas yang sudah jelas terbukti daripada hanya membuang energi secara percuma, inilah yang mendasari para customer mulai beralilh ke penggunaan AC hemat energi yang juga tak kalah bagusnya dengan AC jenis lainnya.


Untuk membantu kamu dalam membuat keputusan, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih AC hemat energi dalam beberapa aspek, yaitu:

↝Bandingkan Antara Rasio Output dan Input

AC hemat energi memiliki angka perbandingan antara output cooling capacity (Btu/h) dan power consumption (Watt) yang paling besar. Jadi semakin tinggi rasionya maka AC tersebut semakin hemat dan efisien. Menurut beberapa informasi yang beredar untuk AC dengan ukuran ½ PK, pendingin udara milik Panasonic type Alowa adalah yang paling hemat energi dan di posisi kedua ada AC LG Neo Plasma. Lalu untuk AC berkapasitas 1 PK, posisi pertama sebagai AC paling hemat energi adalah AC LG dan disusul AC merek Daikin, Sharp dan TCL. Banyaknya pilihan AC yang menjadi jajaran pendingin udara hemat energi tentu sangat membantu kamu dalam menentukan AC idaman kamu.

↝Sesuaikan Kapasitas Dengan Kebutuhan

Tips kedua yang penting untuk diingat saat memilih AC hemat energi adalah menyesuaikan kapasitas AC dengan kebutuhan. Akan lebih baik jika sebelumnya kamu mengetahui luas ruangan yang akan dipasangi AC. Idealnya rasio untuk pengukuran AC adalah sekitar 600 Btu/jam/m2, dengan catatan tinggi atap standar kurang dari 3 meter.

Rasio ini penting untuk dipenuhi karena jika unit AC terlalu besar maka bisa menjadi mubazir dan akan terjadi pemborosan energi. Sebaliknya jika kamu memilih AC dengan kapasitas yang terlalu kecil maka AC bisa bekerja tanpa henti dan berakibat pada kinerja AC itu sendiri menjadi kurang maksimal. Jadi pastikan dulu untuk menyesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan ya.

↝Pilih AC dengan Refrigerant Ramah Lingkungan

Dari sekian banyak jajaran AC hemat energi, saat ini sudah cukup banyak AC yang menggunakan refrigerant ramah lingkungan yang berjenis hidrokarbon. Selain ramah lingkungan, refrigerant jenis ini juga mendukung pencegahan pemanasan global. Refrigerant jenis ini juga terbuti lebih hemat energi sampai 20% hingga 30% jika dibandingkan dengan refrigerant Freon.


Semoga informasi diatas bisa membantu kamu semua yang lagi bingung dalam menentukan AC pilihan...

No comments:

Post a Comment