Sunday, May 21, 2017

Alasan Lebih Baik Menjual atau Menyewakan Apartemen Sendiri Tanpa Perantara



Apartemen merupakan salah satu hunian yang cukup terkenal khususnya di daerah perkotaan. Apartemen dapat menjadi salah satu batu loncatan selagi menabung untuk membeli rumah. Namun bagi kamu yang telah memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah dan ingin menjual Apartemen, Kamu akan dihadapkan pada persoalan harga jual apartemen yang cukup tinggi.
Tingginya harga jual apartemen ini, membuat penjualan apartemen kerap tidak berjalan  lancar. Kadang sangat sulit mendapat calon buyer yang berminat terhadap apartemen yang kamu tawarkan. Sehingga memilih perantara untuk membantu proses penjualan sering sekali terjadi.
Sebenarnya sah-sah saja menggunakan jasa perantara untuk memudahkan penjualan, namun tahukah kamu ada beberapa alasan menjual atau menyewakan apartemen sendiri tanpa peranta itu lebih baik. Misalnya seperti berikut:


·         Proses Pengiklanan Tidak Memakan Banyak Biaya
Proses periklanan tanpa menggunakan perantara tentu lebih murah, tidak repot dan sebagai pemilik Apartemen dapat merubah harga jual apartemen sewaktu-waktu jika belum ada penawaran harga. Berbeda dengan menggunakan perantara yang tentu jauh lebih rumit. Kamu harus melakukan singkroniasi kepada agen, memberikan detail apartemen, dan data-data lainya yang tentunya lebih rumit.

·         Harga yang Sering diMark Up Terlalu Tinggi
Salah satu kekurangan menggunakan agen yaitu harga jual sebuah apartemen yang diberikan oleh agen, sering kali di mark up terlalu tinggi diluar dari komisi yang didapat dari hasil penjualan apartemen. Harga jual apartemen yang mahal, tentu membuat proses penjualan apartemen semakin lama.

·         Tidak Efisien
Tidak dapat dipungkiri ketika menggunakan jasa perantara dalam penjualan apartemen, kamu akan diganggu telpon agen-agen yang kadang hanya meminta fotokopi sertifikat tanpa niat membantu mengiklankan. Selain itu jika telah ada calon pembeli yang berminat, prosesnya cukup panjang. Perlu koordinasi harga lagi dan berbagai hal lainya dan tentunya sangat tidak efisien.

·         Keuntungan yang Lebih Tinggi

Tanpa menggunakan perantara, harga jual apartemen yang kamu tawarkan kepada calon pembeli, jika disepakati maka kamu akan mendapat dana full tanpa harus berbagi komisi dengan agen. Tentunya hal ini memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan kamu harus berbagi komsii dengan agen atau perantara.

Jadi dari penjelasan tersebut, apakah anda akan memakai jasa perantara atau tidak? Its your choice...

No comments:

Post a Comment