Wednesday, June 14, 2017

Buah Kurma, Si Manis Legit yang Kaya Manfaat



Menjalani program diet alami merupakan salah satu cara paling aman untuk menurunkan berat badan. Program diet ini dapat dilakukan dengan melakukan rutinitas olahraga dan mengkonsumsi sayur serta buah. Namun ternyata masih ada cara diet alami lain yang terbukti dapat menurunkan berat badan dengan efektif. Cara diet yang dimaksud adalah dengan mengkonsumsi buah kurma. Buah yang satu ini tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Mau tau bagaimana cara program diet menggunakan kurma? Check it out...

Kandungan Sehat Buah Kurma
Menambahkan buah kurma pada menu diet sehat dengan sayur dan buah anda sangat bagus. Buah manis ini bisa dijadikan sarapan pagi dan juga baik dikonsumsi saat menjelang malam. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin pada buah ini sangat banyak mulai dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E, Vitamin K, asam folat, serta kaya akan mineral seperti Zat Besi, Kalsium, Magnesium, Mangan, Fosfor, Sodium dan Zinc. Selain itu buah kurma juga mengandung zat serat yang tinggi yang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Diet Sehat dengan Buah Kurma
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kandungan zat dalam kurma banyak sekali dan sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Kurma bisa menjadi sarana bagian menu yang lezat dan mengenyangkan. Nah bagi kamu yang ingin diet dengan buah kurma, berikut langkah yang bisa kamu jalani:

↬ Konsumsi Kurma Saat Sarapan
Jangan pernah meninggalkan sarapan saat diet karena diet yang benar adalah tetap mengkonsumsi menu sehat di pagi hari. Agar menu lebih bervariasi dan tidak membosankan, kamu bisa memilih kurma sebagai menu tambahan dan disajikan dengan sepotong roti atau segelas susu. Buah kurma juga bisa dijadikan campuran oat agar lebih sedap dan nikmat. Buah kurma mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh kita, sehingga kita tidak akan cepat lapar.

↬ Gunakan Kurma Sebagai Cemilan
Selain sebagai pelengkap menu sarapan, kurma juga bisa langsung dikonsumsi. Oleh sebab itu tak heran jika banyak orang menggunakan kurma sebagai cemilan sore hari. Hal ini akan sangat membantu menghilangkan lapar dan menjaga kesehatan kita. Tapi ingat meski sudah ada kurma, jangan tinggalkan konsumsi buah lainnya ya.

↬ Penutup Makan Malam
Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hingga malam, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma setelah makan malam. Rasanya yang manis sangat baik untuk dijadikan sebagai desserts setelah makan malam. Jadi selain mendapat banyak vitamin, kita juga bisa menghindari makan dengan porsi banyak saat malam. Selanjutnya di pagi hari kamu bisa melanjutkan kembali rutinitas menu sehat dengan buah kurma.

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
Tentunya bukan tanpa alasan mengapa buah kurma bisa dijadikan sebagai menu sehat untuk program diet sehat. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah manis ini, selain untuk menurunkan berat badan. Ini dia manfaat buah kurma yang menguntungkan untuk kita.

↬ Sumber Energi yang Baik
Dengan mengkonsumsi buah kurma sebanyak 100 gram, kamu sudah memenuhi kebutuhan energi harian. Itulah sebabnya kurma sangat baik di konsumsi oleh orang yang sedang berbuka puasa.

↬ Sumber Antioksidan Bagi Tubuh
Bisa dibilang kurma adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dimana fungsi antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Jadi secara tidak langsung mengkonsumsi buah kurma juga membantu kita terhindari dari kanker, karena kurma mengandung banyak sekali zat berguna seperti fitokimia, polifenol, sterol, tanin dan karoten.

↬ Sebagai Obat Demam Berdarah
Banyak sekali buah yang bisa dijadikan sebagai obat demam berdarah, salah satunya adalah kurma yang terbukti ampuh untuk mengobati demam berdarah. Mengkonsumsi buah kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah. Persentase peningkatan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma adalah 23.90% perhari, sedangkan peningkatan kadar trombosit tanpa konsumsi sari kurma adalah 8.09% perhari. Itu artinya kandungan sari kurma sangat baik untuk menunjang trombosit, karena sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit sangat dibutuhkan oleh tubuh saat menderita demam berdarah.

↬ Memiliki Serat Terbaik untuk Usus
Manfaat lainnya pada buah kurma adalah sebagai pembersih usus. Seperti kita ketahui, sisa makanan pada usus tidak mudah dibersihkan. Karena buah kurma kaya akan serat, maka buah ini juga berfungsi untuk membersihkan usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak di bandingkan dengan buah lain. Selain itu, serat pada buah kurma juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat dari buah kurma untuk kita. Mengkonsumsi menu bergizi untuk menurunkan berat badan sangatlah dianjurkan. Untuk itu, selain buah dan sayuran jangan lupa tambahkan kurma dalam menu sehat kamu. Cukup dikonsumsi dalam tiga waktu tersebut (pagi, siang, malam) maka kamu sudah bisa menurunkan berat badan hingga 1 sampai 2 kg selama seminggu.



No comments:

Post a Comment