Monday, November 13, 2017

Tips Menghentikan Kebiasaan Makan Berlebih

pic source: pixabay.com
Umumnya banyak orang mengeluh sulit menghindari makan banyak saat menjalani diet. Mereka biasanya mengkonsumsi makanan berlebih tanpa menyadarinya. Hal ini biasanya dipicu oleh rasa lapar yang amat sangat dan godaan lain dari luar. Contoh godaan lainnya adalah bentuk, warna, rasa, hingga kemasannya yang lucu dan unik untuk dikonsumsi. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan apalagi jika jenis makanan olahan yang kamu konsumsi tidak jelas nilai gizinya.

Kelebihan makan juga dapat memicu obesitas yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti hipertensi, kolesterol, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. Selain itu makan banyak pastinya bisa menghambat program dietmu karena kunci utama diet adalah makan dengan porsi sedikit namun dengan menu yang bergizi. Buat kamu yang sedang menjalani diet pastinya hal ini tentu akan menjadi tantangan serius. Namun, jangan khawatir masih ada cara jitu yang bisa kamu terapkan agar bisa menghentikan kebiasaan makan berlebih. Ini dia yang harus kamu lakukan :

Mulailah menyadari apa yang membuatmu kelebihan makan, jika sudah menyadari kamu bisa mulai mencari cara untuk memastikan bahwa kamu sudah tidak lapar. Kenali beberapa faktor yang membuatmu bisa kelebihan makan sehingga kamu bisa mengendalikan kebiasaanmu.

Kondisi Emosional
Pada umumnya orang memilih makan karena emosional, dengan kata lain bukan karena rasa lapar yang sebenarnya. Namun seringkali tujuan orang makan adalah untuk membuat nyaman, mengusir rasa bosan, marah, kesepian, kelelahan, tegang, stres, atau depresi. Itulah yang menyebabkan orang cenderung lebih banyak makan.

Masalah Sosial
Secara sosial, kelebihan makan juga bisa bisa disebabkan oleh faktor melihat sekeliling orang yang sedang makan. Mata dan bagian reseptor dari mulut akan bereaksi terhadap hal ini sehingga memicu kamu untuk ikut makan bersama mereka.

Faktor Fisiologis

Faktor fisik juga mempengaruhi kelebihan makan, misalnya saat kamu lapar karena melewatkan sarapan dan bernafsu untuk makan banyak. Faktor fisiologis juga bisa dicontohkan dengan makan banyak untuk menghilangkan sakit kepala atau sakit lainnya. Faktor fisiologis ini sangat sering kita lakukan tanpa kita sadari.

Tips Menghilang Kebiasaan Makan Banyak
Masih banyak faktor yang menyebabkan mu makan berlebih dan hal ini tentu saja kurang baik untuk pola hidup mu. Sebaiknya mulailah menghindarinya dengan beberapa tips berikut ini:

Jika keinginan makanmu disebabkan oleh salah satu faktor diatas, cobalah untuk minum segelas air dan tunda makan hingga 10 menit. Lalu gunakan 10 menit tersebut untuk berjalan kaki, membaca buku, mengobrol, latihan pernapasan atau aktivitas lainnya yang bisa mengalihkan keinginan makan. Langkah ini juga bertujuan agar waktu makanmu tidak dikendalikan oleh stres, jika ingin lebih maksimal tingkatkan waktu tunda tersebut hingga 15 menit, 20 menit dan seterusnya.

Mengalihkan keinginan makan dengan cara diatas cukup ampuh untuk mengelola kebiasaan makan karena stres. Kamu juga perlu latihan relaksasi, meditasi, atau konseling dengan psikolog untuk mengatasi emosi yang membuatmu kelebihan makan.

Jangan lupa perhatikan asupan gula gan garam, jika kamu benar – benar ingin makan makanan manis, ambillah potongan yang kecil dan makan secara perlahan, nikmati setiap gigitannya. Jika kamu ingin makan dengan makanan yang asin, pilihlah makanan yang rendah garam atau natrium seperti kacang tanpa garam dan masih banyak lagi makanan tanpa garam. Cara ini bertujuan agar kamu benar-benar maksimal dalam menikmati makanan sehingga kamu akan mudah kenyang.

Makanlah secara optimal jangan makan sambil menonton televisi atau makan sambil bekerja. Hal ini agar kamu bisa menikmati makananmu dan sekaligus mengistirahatkan pikiranmu. Selama makan, resapi juga menu yang kamu santap agar rasa laparmu cepat terobati. Kemudian kunyahlah makanan hingga 21 kali kunyahan, karena selain membantu pencernaan juga akan membuat kamu lebih cepat kenyang sehingga tidak makan secara berlebih.

Nah jika kamu sudah bisa menerapkan tips diatas, tentunya kamu akan lebih maksimal dalam menjalani program diet. Ingat, kendalikan diri kamu sendiri dari berbagai godaan makanan dan minumlah sebelum makan sehingga kamu akan cepat kenyang. Kebiasaan makan dengan porsi sedikit juga bisa membuatmu cepat kurus loh. Jadi tunggu apalagi, yuk lancarkan program dietmu. Mau tau tips diet untuk anak kuliah seperti kamu? Yuk simak tipsnya disini.

No comments:

Post a Comment