Thursday, June 27, 2019

Tips Meminum Susu yang Sehat


Susu UHT disebut sebagai minuman yang kaya akan kandungan gizi dan mineral. Banyak orang mengkonsumsinya setiap hari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari dulu susu dapat dicampurkan dalam olahan makanan lain. Sehingga dapat menciptakan cita rasa lezat. 

Meminum susu begitu saja sudah cukup karena memiliki rasa yang gurih. Orang sering memperdebatkan bagaimana cara meminum susu terbaik. Apakah saat dudu atau sambil berdiri agar tubuh menyerap manfaat susu secara optimal. Berikut ini adalah cara terbaik meminum susu yang penting untuk diketahui.

Meminum Susu Dari Segi Medis
1.Berdasarkan hasil penelitian para ahli

Berdasarkan berbagai hasil penelitian menyebutkan tidak ada aturan terbaik dalam mengkonsumsi susu. Anda dapat menikmatinya sambil duduk santai ataupun berdiri. Akan tetapi jangan terburu-buru karena berbahaya untuk tenggorokan.

Sangat disarankan tidak meminum susu ketika posisi berdiri. Posisi tubuh demikian tidak menguntungkan karena susu dapat menyebabkan pelebaran sfingter. Yakni penghubung antara kerongkongan dan perut.

Akibat minum susu sambil berdiri dapat menaikkan kadar asam lambung, bahkan menyebabkan kram perut. Jika anda meminum susu saat duduk sangat aman karena sfingter tidak melebar. Sebab posisi demikian sangat tenang dan otot tidak tegang. Sistem pencernaan juga siap menerima cairan susu yang diminum.

2.Pendapat Ahli Urologi
Disinyalir dari Detik Health, seorang ahli urologi RSCM Ponco Wibowo menyatakan duduk adalah posisi terbaik untuk minum dan makan. Selain menimbulkan rasa nyaman, tubuh juga memperoleh banyak keuntungan dari segi kesehatan. Jika anda minum susu sambil berdiri juga tidak masalah.

Anda akan lebih terlihat sopan dan hal ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal. Terutama bagi penderita kantung kemih, sebaiknya jangan coba-coba minum susu ketika berdiri.

3.Minum Susu Secara Perlahan
Selanjutnya, meminum susu terbaik dengan perlahan. Anda tidak dapat meneguk susu hanya dalam satu lali helaan nafas. Hal demikian dapat menyebabkan tersedak dan sistem pencernaan bekerja dengan buruk. Minum susu enak dan baik tidak dilakukan saat tubuh dehidrasi, tetapi ketika telah mengkonsumsi air mineral sebelumnya.

No comments:

Post a Comment