Monday, April 1, 2019

5 Bahan Alami yang Efektif untuk Atasi Diare Anak

Musim hujan seperti sekarang ini memang menjadi saat dimana kuman berkembang biak dengan sangat cepat, hal tersebut dapat memicu beragam jenis penyakit, salah satu yang paling rentan menyerang adalah diare. Pastinya tidak begitu asing dengan penyakit tersebut, diare ditandai dengan sakit perut dan juga buang air besar berkali-kali dengan gejala lain yaitu feses cair. Jika buah hati mengalami hal ini, maka segera lakukan langkah pertolongan agar tidak semakin parah. Ada beberapa obat diare pada anak alami resep dokter yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Meskipun dikatakan sebagai penyakit yang umum terjadi, namun pada dasarnya diare ini bukan masalah kesehatan yang dapat disepelekan, karena nyatanya jika dibiarkan secara terus-menerus hanya akan menyebabkan masalah yang lebih serius, resiko kematian juga ada ketika buah hati mengalami fase kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat dipakai untuk mengatasinya, yaitu:
  1. Jahe, rimpang yang satu ini mengandung banyak sekali manfaat, termasuk diantaranya adalah sifatnya yang anti bakteri dan juga anti jamur yang dapat digunakan untuk mengeluarkan bakteri penyebab diare dari perut. Konsumsi air rebusan jahe ditambah dengan sedikit gula selagi hangat.
  2. Lemon, jenis jeruk yang satu ini juga bersifat antibakteri yang nantinya dapat dipakai untuk atasi diare pada anak, berikan segelas jus lemon 3 kali sehari untuk mereka konsumsi.
  3. Teh hitam, kandungan asam tanat yang ada di dalamnya berfungsi untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam perut karena bakteri. Berikan anak yang diare 2 hingga 3 cangkir teh hitam tersebut sehari untuk mempercepat penyembuhan.
  4. Yogurt, kandungan bakteri baik yang ada di dalamnya secara efektif dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh diare,
  5. Pisang, buah ini mengandung senyawa potasium yang cukup tinggi, berguna untuk mengeraskan tinja, buah tersebut juga baik dalam mengembalikan zat elektrolit dalam tubuh.
Imbangi juga dengan pemberian air minum lebih banyak dari sebelumnya, dapatkan obat diare di Go Apotik, obat-obat lain layaknya untuk mengatasi luka jari terpotong pisau juga tersedia.

No comments:

Post a Comment