Sunday, March 4, 2018

Mengenal Cara RAPP Riau Memproduksi PaperOne

April Grup merupakan salah satu penghasil produk pulp dan kertas terbesar menggunakan teknologi paling maju dan efisien di dunia. Perusahaan tersebut berlokasi di provinsi Riau dan secara langsung telah mempekerjakan kurang lebih 5.000 orang dan bermitra dengan lebih dari 90.000 orang yang memasok dan mendukung kegiatan usaha Grup APRIL. 

Grup APRIL merupakan salah satu produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia dan dunia. APRIL Grup sendiri memasok pulp kepada berbagai macam industri. Selain kertas, pulp juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti kertas, tisu, kantong teh, kemasan, popok bayi, pengental es krim, tekstil, dan majalah. Produk april yang terkenal sendiri adalah Paper OneTM.

Paper OneTM. adalah merek kertas unggulan (flagship) April grup dengan kualitas premium. Kertas ini dirancang untuk kebutuhan copy dan printing. Produk yang dikelola oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper ini, merupakan produk asli Indonesia ini adalah 100 persen produk dari bahan baku hingga produk dilakukan di Indonesia.

Di samping itu, PaperOne sudah diekspor ke lebih dari 70 negara diantaranya adalah ada Negara-Negara dari Benua Asia, yaitu: Singapur, China, India, Jepang, Korea, Australia, di benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur. Sedangkan pulp yang disuplai ke berbagai perusahaan untuk menghasilkan produk komersil lainnya.

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sendiri sudah bersiap menjadi produsen kertas terbesar kedua di dunia, seiring dengan selesainya pembangunan pabrik kertas ketiga mereka di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau. Sebelumnya, RAPP memiliki dua pabrik kertas dengan total kapasitas produksi 3500 ton perhari atau sekitar 850 ribu ton per tahun. 

Dengan selesainya pembangunan pabrik ketiga, kapasitas produksi kertas di pabrik milik RAPP nantinya akan mencapai 1,1 ton pertahun. Angka ini menjadikan mereka sebagai produsen kertas terbesar kedua di dunia setelah International Paper, produsen kertas asal Amerika Serikat.

Seorang narasumber mengatakan bahwa selain memproduksi kertas, RAPP juga menghasilkan pulp atau bubur kertas yang produksinya mencapai 2,8 juta ton per tahun. Angka ini menjadikan RAPP sebagai produsen pulp terbesar ke-9 di dunia yang men-supply sekitar 7 persen kebutuhan pup di dunia. Dari produksi 1,2 juta ton pulp itu, RAPP memakai sekitar 20 persen untuk memproduksi kertas di pabrik milik mereka sendiri. Begitulah mengenal cara RAPP Riau memproduksi Paper OneTM.

No comments:

Post a Comment