Monday, February 19, 2018

Cara Berbisnis Kuliner Bagi Para Pemula

Source : easyways.net


Semakin hari, bisnis makanan di Indonesia semakin banyak diberbagai daerah. Karena sudah tidak perlu diragukan lagi, bahwa hampir seluruh masyarakat di Indonesia menyukai berbagai kegiatan yang bersakutan dengan kuliner. Mungkin yang hanya menjadi kendala adalah budget yang pas pasan untuk membeli berbagai macam aneka kuliner yang ada. Kembali lagi ke persoalan bisnis, berhubungan dengan banyaknya macam-macam kuliner di Indonesia menjadi kuliner menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk para pebisnis. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia yang menjadikan bisnis kuliner adalah bisnis yang paling laris hingga saat ini.

Setiap negara, wilayah, ataupun daerah tertentu pastinya memiliki ragam macam makanan berbeda yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, bisnis kuliner ini tidak ada habisnya membuat inovasi yang terus menerus baru setiap waktunya. Apakah Anda juga tertarik dengan bisnis kuliner ini? Sebenarnya untuk melakukan bisnis kuliner ini tidak begitu sulit, hanya saja Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang baru dalam di dalam bisnis ini. Namun jika Anda yang masih tergolong pemula bisnis tentu akan merasa sedikit bingung bagaimana teknik atau cara menjalankan bisnis ini. Memang untuk mencari ide yang kreatif dan tidak mainstream adalah hal yang sedikit sulit. Biasanya banyak sekali pebisnis yang membuka bisnis barunya ini karena adanya faktor dari hoby saja, atau sesuatu hal yang memang disenanginya. Memang hal tersebut adalah salah satu yang menjadi cara menjalankan bisnis agar tetap lancar. Tetapi jangan lupa ketika Anda sudah memasuki dunia bisnis ini, bukan hanya sekedar hoby saja yang bisa diandalkan, karena pesaing bisnis khususnya dibidang kuliner ini akan semakin banyak untuk Anda hadapi.

Jika Anda adalah seorang pebisnis pemula yang ingin merintis karir dengan membuka bisnis kuliner, sebenarnya akan ada banyak sekali tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis kuliner ini. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk berbisnis kuliner, ada beberapa tips dan trik serta konsep yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

1. Harus Berkomitmen

Bagi para pemula bisnis, hal yang terpenting pertama yang harus Anda miliki dalam berbisnis adalah komitmen. Karena komitmen iniadalah salah satu kunci pertama yang bisa mengarahkan Anda untuk terus menjalankan dan melakukan bisnis ini dengan tekat yang kuat. Pebisnis apapun yang memiliki komitmen dalam berbisnis tentu akan lebih kuat usahanya. Karena biasanya sebuah tantangan dari seorang pebisnis yaitu dapat bertahan atau tidaknya komitmen yang mereka miliki. Banyak pebisnis-pebisnis yang melakukan bisnis kecil-kecilan, bahkan hanya untuk pekerjaan sampingan saja tetapi lancar usahanya, itu karena mereka memiliki komitmen yang terorganisir secara teratur dan baik.

2. Persiapan Mental Yang Baik

Berbisnis atau berwirausaha harus memerlukan mental yang baik dan kuat. Karena setiap bisnis apapun pastiakan selalu mempunyai beberapa kemungkinan yaitu apakah kemungkinan mendapatkan keuntungan ataupun kerugian. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis Anda harus siap dalam menghadapai berbagai kemungkinan yang akan terjadi kepada bisnis Anda. Karena membangun bisnis tidaklah mudah dan harus mengalami adanya jatuh bangun dari awal menjalankan bisnis. Pesbisnis harus memiliki semangat yang tinggi serta mental yang kuat dalam menghadapi masalah seperti terjadinya sebuah pasang surut di dalam lingkup bisnis. Tidak boleh putus asa, jika Anda mengalami suatu kegagalan sekali harus langsung bangkit kembali, jika bisa cari informasi lebih banyak tentang bisnis kuliner yang Anda jalankan, dan belajarlah dari sebuah kegagalan yang pernah Anda alami.

3. Semangat Yang Tinggi

Seorang pebisnis tentu harus mampu bergelut di dunia pebisnisan dengan banyak pebisnis lainnya. Namun, dengan banyaknya persaingan bisnis jangan menjadikan semangat surut. Sebaliknya yaitu Anda harus lebih semangat lagi dan terus berpikir positif dalam menjalankan bisnis kuliner dengan konsep yang sudah Anda rancang sebelumnya. Anda harus mampu membuktikan kepada pebisnis lainnya jika bisnis kuliner Anda bisa lebih sukses dan Anda mampu menjalankan bisnis dengan tetap menjaga kepercayaan pada pembeli serta mampu mempertahankan sebuah cita rasa yang unik.

4. Lebih Berpikir Inovatif

Sebagian besar pebisnis yang sudah sukses dalam menjalankan bisnis kulinernya adalah karena mereka memiliki sebuah inovatif. Dalam hal berbisnis, pebisnis yang bersifat inovatif akan mampu menjalankan bisnisnya dengan berpikir menggunakan wawasan yang luas. Dari adanya inovatif inilah yang menjadikan bisnis Anda menjadi salah satu yang memiliki kuliner dengan cita rasa yang khas, tampilannya yang menarik, penyajiannya yang sempurna, dan adanya kreatifitas dalam pembuatannya. Nah, bagi para pebisnis pemula diharapkan bisa lebih berpikir secara inovatif supaya tidak mudah tersaingi oleh pebisnis lain.

5. Lakukan Promosi

Setiap bisnis atau usaha pasti akan membutuhan sebuah pemasaran agar poduknya diketahui banyak orang.Strategi pemasaran atau yang biasa disebut dengan promosi ini harus dilakukan untuk memperkenalkan bisnisnya.Jika bisa lakukan promosi semaksimal mungkin, karena ini juga akan berpengaruh pada suksesnya bisnis Anda. Nah, berawal dari proses promosi inilah para pembeli mengenal dan penasaran dengan produk atau kuliner Anda. Lakukan strategi promosi secara offline dan online agar bisnis Anda semakin menyebar luas tidak hanya di satu daerah saja.

6. Pengelolaan Untuk Keuangan Bagus

Bagi para pebisnis pemula hal yang menjadi permasalah salah satunya adalah salahnya cara mengelola keuangan dengan baik. Hal ini adalah tentunya perlu diperhatikan oleh setiap pebisnis atau pengusaha dalam mengelola keuangan yang baik dan benar. Untuk para pebisnis pemula, hal yang harus diperhatikan adalah jangan mencampurkan uang bisnis dengan uang yang pribadi. Hal ini agar keuntungan yang didapat nanti bisa diperhitungkan dengan baik. Selain itu, bisnis kuliner juga memerlukan modal cukup besar untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika Anda sudah merencanakan bisnis tersebut, namun kekurangan modal tentu tidak akan sesuai harapan nantinya. Para pemula bisnis mungkin yang sudah berniat ingin mengelola bisnis dan kekurangan bisa meminjam dengan kredit cepat. Hal ini akan membantu masalah modal untuk di dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta pinjaman dari Tien24 yang merupakan pinjaman berkelas sampai ke mancanegara.

7. Pilih Lapak Yang Strategis

Ketika Anda memutuskan ingin membuka lapak atau warung makan untuk bisnis kuliner Anda, jangan setengah-setengah. Pilihlah lapak yang berlokasi strategis untuk bisnis kuliner Anda. Lokasi yang strategis akan memudahkan orang menemukan lapak Anda. Selain itu, memilih kapak yang strategis ini bisa mengundang banyak pembeli misalnya dilingkup sekitar sekolahan, kampus, pekantoran, dan lainnya.

8. Selalu Menjadi Pebisnis Yang Jujur

Adapulah yang paling penting adalah selalu berperilaku jujur. Cobalah untuk selalu menjadi pebisnis yang jujur, misalnya jujur kepada karyawan dan pembeli. Dengan mempertahankan sifat yang jujur ini akan menjadi nilai plus untuk Anda, karena akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli maupun dari karyawan sendiri.

No comments:

Post a Comment