Thursday, September 7, 2017

Asuransi sekarang atau nanti?

dream.co.id

Dewasa ini hampir semua orang paham betul dengan pentingnya asuransi terlebih asuransi jiwa. Kesadaran akan pentingnya asuransi meningkat seiring dengan bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya asuransi. Sebelum mulai menjadi perhatian masyarakat, asuransi biasanya hanya diikuti oleh artis saja. siapa yang pernah dengar bahwa artis A mengasuransikan pita suaranya? Artis B mengasuransikan kaki jenjang indahnya? Dan beberapa contoh lainnya yang saya yakin hampir semua dari kalian pernah tahu peristiwa tersebut atau paling tidak membaca dan mendengar cerita tersebut. Lalu sudahkah anda menaruh perhatian lebih kepada asuransi?
Saya sendiri untuk sampai saat ini belum memiliki asuransi jiwa yang secara pribadi preminya saya bayar sendiri. Seperti yang telah diketahui sendiri bahwa saya masih mahasiswa dan belum mandiri dari sisi finansial jadi saya yaa selama ini asuransi ikut orang tua dan dibayar oleh orang tua. Saya sebelumnya tidak begitu mengerti mengenai jalur distribusi asuransi di Indonesia hingga teman dekat saya menceritakan pengalamannya ketika mengurus klaim asuransi.

Ini merupakan cerita sedih tapi saya akan menceritakan bagaimana klaim asuransi kecelakaan jalan raya. Klaim asuransi kecelakaan ini sangat mudah sekali bahkan teman saya yang awam mengenai hal tersebut bisa menanganinya secara mandiri. Sebelum mengklaim asuransi kepada institusi terkait, terlebih dahulu meminta surat keterangan kepolisian yang menyatakan bahwa telah terjadi kecelakaan jalan raya kemudian sebisa mungkin dilegalisasi supaya memudahkan proses selanjutnya jika surat keterangan kepolisiannya dibutuhkan lagi. Setelah berada di institusi terkait, melengkapi berkas dan uang akan langsung cair 24 jam sampai 48 jam saya agak lupa mengenai timing pencairannya. Yang jelas prosesnya berlangsung cepat, transparan dan tidak ribet bahkan sampai membutuhkan calo atau jasa perantara lainnya. Dengan mudahnya birokrasi melakukan klaim asuransi didukung dengan keramahan petugas institusi terkait, saya rasa masyarakat akan lebih menyadari pentingnya asuransi.


Hal tersebut juga saya alami ketika ibu mengalami kecelakaan tetapi karena saya tidak ikut mengurusi hal tersebut saya kurang mengetahui bagaimana mekanisme klaimnya dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Tetapi melihat semakin hari perkembangan asuransi di Indonesia juga semakin bagus dengan inovasi produk yang menarik yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi untuk masa depan melalui asuransi. Beberapa produk yang saya tahu, menarik dan mungkin di masa yang akan datang adalah asuransi pendidikan untuk anak hingga jangka pendidikan tertentu untuk mempersiapkan masa depan anak sedini mungkin. Ada cerita lain? Please comment….

No comments:

Post a Comment