Thursday, August 24, 2017

Recruitment : BPJS Ketenagakerjaan

Draft mengenai rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan ini sebenarnya sudah saya buat lamaaaaa sekali dengan nazar suatu hari nanti ketika pengumuman akhir sudah keluar saya akan mempostingnya. Namun sepertiny lagi-lagi Allah memiliki cerita yang lain untuk hidup saya...

Oke saya akan memberikan sedikit informasi mengenai rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dari mulai tahap awal hingga saya gugur (kok sedih ya...)



Pertama ketika BPJS Ketenagarakerjaan mengumumkan bahwa institusi open recruitment, yang perlu kalian siapkan adalah foto seluruh badan karena penting dan menjadi salah satu syarat dokumen. BPJS Ketenagakerjaan memiliki web rekrutmen tersendiri. Web yang sellau bikin saya jantungan kemudian hopeless...

daftar notifikasi rekrutmen
Ada sejumlah formulir yang perlu kalian lengkap sebelum apply. Gampang dan cepat kok prosesnya karena yaa kalian kan pasti tau informasi mengenai diri kalian sendiri. Setelah mengisi form atau CV secara online, kalian tinggal klik apply button dan tunggu notifikasi selanjutnya.

Setelah menunggu beberapa minggu akhirnya ada notifikasi hasil seleksi administrasi dan dapat mengikuti online tes. Online tes ini berlangsung sekitar satu minggu dengan jadwal maisng-masing. Namun karena keterbatasan server dll, BPJS Ketenagakerjaan terpaksa harus me reschedule jadwal online test ini selama beberapa kali sampai lupa deh kapan apply kapan tes dan lainnya hahaha...

Tahap 1
Online testnya sama seperti online test perusahaan yang lainnya. Kuncinya adalah jangan terlalu lama berkutat pada satu soal karena waktu yang diberikan sangat sedikit jadi pergunakan waktu dengan sebijak mungkin

Tahap 2
Pengumuman hasil online test ini sekitar satu bulan (saya lihat dari notifikasi melalui sms). Setelah berhasil melewati tahap online test, test selanjutnya adalah confirmatory test. Fungsi test ini adalah untuk mengkonfirmasi bahwa benar kamu yang telah mengerjakan online test. Untuk kota Surabaya testnya diadakan di Empire Palace. Ketika confirmatory test ada beberapa sub test yang harus kamu kerjakan dengan waktu yang singkat tetapi masih aman kok. FYI setelah confirmatory test dilakukan, pengumumannya adalah beberapa jam saja setelah test dan besoknya langsung test :) nice yaaa....

Tahap 3
Panitian saat melakukan confirmatory test menyebutkan bahwa pengumuman dapat dilihat pada malam hari gitu bisa melalui papan pengumuman di Empire Palace atau melalui web resmi rekrutmen. Saat itu sih aku santai soalnya ada diweb semua kenapa harus bingung dan panik.

Namun kepanikan mulai tercipta ketika melewati batas jam yang ditentukan, pengumuman belum juga terpampang. Bingung dan panik apa yang harus dilakukan sedangkan besoknya harus test lanjutan. Sudah cemas tapi harus dipaksa tidur supaya besoknya bisa bangun dengan keadaan fresh. Paginya sekitar shubuh itu group mulai ramai bagaimana nasib kami kok belum ada notif. Hingga akhirnya banyak yang ke Empire Palace untuk melihat pengumuman. Tetapi seperti yang sudah kalian tebak pengumuman belum terpasang dan panitia bahkan belum datang. Guys siapapun kalian yang ada di group BPJS Ketenagakerjaan telegram saya salute sama semangat kalian shubuh sudah ada di Empire Palace :)

Notif akhirnya muncul dong... Banyak yang bilang kalau sudah dapat notif dan men-share jadwal test selanjutnya. Lalu apa yang saya lakukan? Panik dan hopeless karena saat jam menunjukkan pukul 06.00 saya belum juga dapat notif lanjutan sedangkan testnya dimulai pukul 07.00. Tapi Alhamdulillah beberapa saat kemudian ada notif dan saya kebagian test pada jam siang.

Psikotest ini sama seperti yang lainnya ada test koran, wartegg, gambar manusia dan pohon serta rangkaian psikotest lainnya yang kalian juga tahu bagaimana . Jadwal test adalah pukul 12.30 namun ada keterlambatan waktu dari batch sebelumnya yang mengakibatkan selesainya test adalah sekitar pukul 18.30 atau 19.00 karena saya ingat betul ketika berada di parkiran pas banget adzan sholat isya berkumandang. Setelah psikotest selesai, harus pacu jantung lagi karena besok ada test lanjutan lagi...

Tahap 4
Karena psikotest yang menguras jiwa raga tenaga pikiran, saya tidak terlalu cemas pada pengumuman atau notifikasi karena capeknya bisa membuat saya pingsan (re:tidur). Ketika terbangun paginya, notifikais belum muncul juga. Saya maklum karena psikotest cukup rumit dan lain sebagainya. Nah sekitar pukul 09.00 saya mendapatkan notif bahwa saya akan mengikuti test besok pagi. Pada tahap ini kita harus membawa sejumlah dokumen seperti SKCK, Ijazah, Transkrip dan surat keterangan bebas narkoba.

Seperti biasanya ketika masuk antri untuk verifikasi data asli dan fotokopi atau legalisasi. Usai melakukan verifikasi kita menunggu antrian masuk ruangan dengan kelompok LGD yang sudah diatur panitia. Hingga akhirnya memasuki ruangan untuk melakukan LGD yang dilanjutkan dengan wawancara psikologi. Nah ada yang lucu nih, setelah melakukan kewajiban tersebut, kita diminta foto gitu dan masih tidak tahu sih itu gunanya apa. Setelah foto kewajiban hari itu selesai dan saatnya menghirup udara segar karena tidak lagi jantungan besok karena pengumuman satu bulan lagi.

Tahap 5
Menanti pengumuman tahap terakhir dan lanjut tahap 5 ini menguras pikiran sekali karena pengumuman yang molor dan adanya perbedaan waktu pengumuman antara yang lolos dan tidak (i hate that situation). Perasaan harap-harap cemas ter-PHP terlalu lama akhirnya terjawab dengan kabar digroup bahwa sudah ada notif namun saya belum juga dapat notif. Hingga H-2 kalau tidak salah sebelum tahap 5 akan dilaksanakan, saya menerima 3 sms notifikasi, 3 email notifikasi dan 3 list notifikasi dengan judul GAGAL.

Pernah tidak kalian merasa sedih tapi tidak menangis? Nah seperti itu sih perasaanku saat itu. Tapi aku selalu percaya Allah selalu memberikan cerita dan hikmah dari setiap perjalanan hidup yang kita lakukan. Oh iya beberapa hari yang lalu pengumuman tahap 5 sudah keluar dan selamat yaaa buat kalian yang keterima menjadi bagian BPJS Ketenagakerjaan :))

No comments:

Post a Comment