Tuesday, June 20, 2017

Yuk Kenali Delapan Jenis Zakat sebelum Menggunakan Kalkulator Zakat








Source : ichef-1.bbci.co.uk

Sudah membayar zakat tahun ini?

Menyisihkan sebagian rezeki untuk membayar zakat merupakan cerminan umat muslim yang beriman. Tak hanya menyucikan harta yang kita miliki, menyisihkan zakat juga bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan.

Sayangnya, belum banyak orang yang memahami jenis-jenis zakat yang wajib dibayarkan. Tetapi setelah menyimak ulasan tentang 8 jenis zakat berikut ini, wawasan kita pasti semakin bertambah. Niat untuk membayar zakat pun akan segera terlaksana.



Zakat Perdagangan
Zakat perdagangan meliputi barang dagangan, uang tunai, dan piutang yang akan kembali. besarnya zakat perdagangan mencapai 2,5% dengan haul yang sudah mencapai 1 tahun.

Zakat Pertanian
Hasil pertanian dan panen buah-buahan rupanya juga wajib dizakatkan. Zakat yang satu ini harus disisihkan setiap panen dengan persentase senilai 5%.

Zakat Hewan Ternak
Dari setiap hewan ternak yang kita miliki, beberapa ekor di antaranya wajib dihitung sebagai zakat. Selain unta, hewan lain berupa kerbau, sapi, kambing, dan domba juga wajib masuk dalam hitungan zakat hewan ternak.

Zakat Rikaz
Zakat rikaz dihitung dari barang berharga berupa emas atau perak yang terpendam dalam tanah selama bertahun-tahun. Persentase zakat ini berkisar di angka 20%.

Zakat Profesi
Zakat yang satu ini dikenal juga dengan sebutan zakat penghasilan. Para pegawai negeri atau pegawai swasta yang penghasilannya sudah mencapai 524 kg nilai beras wajib menyisihkan zakat sebesar 2,5%. Penyisihan zakat ini dihitung setelah pendapatan bulanan dipotong jumlah cicilan yang mesti dibayarkan.

Zakat Investasi
Aset investasi berupa bangunan dan kendaraan nyatanya wajib dihitung dalam zakat investasi. Besarnya sejumlah 5% dari penghasilan bersih atau 10% dari penghasilan kotor.

Zakat Tabungan
Umat muslim yang memiliki tabungan dengan nilai setara 85 gr emas memiliki kewajiban untuk menyisihkan zakat tabungan sebesar 2,5% dari total tabungan tersebut.

Zakat Emas atau Perak

Hampir sama seperti zakat tabungan, umat muslim yang memiliki simpanan emas seberat 85 gr juga wajib menyisihkan zakat dengan persentase 2,5% dari nilai emas.
Meskipun jenis zakatnya terbilang cukup banyak, kita tak akan kesulitan membayar zakat sejak ada fasilitas kalkulator zakat online. Kita bisa menghitung persentase zakat secara mudah dan membayarnya dengan beragam metode yang praktis. Mulai sekarang, mari memperhatikan kewajiban zakat secara lebih cermat. Agar setiap rezeki yang kita dapatkan bisa menjadi berkah besar bagi kehidupan kita dan keluarga. Gunakan kalkulator zakat online untuk proses pembayaran zakat yang cepat dan praktis.

No comments:

Post a Comment