Saturday, June 10, 2017

Pengalaman Berbuka Puasa di The Sun Hotel Sidoarjo Restaurant

The Sun Hotel Entrance

Hello foodies, sepertinya sudah lama sekali tidak posting review tempat makan disini. Nah kali ini saya akan memberikan review The Sun Hotel restaurant. FYI setelah perjalanan begitu panjang akhirnya saya moving ke Surabaya mengenai bagaimana saya bisa moving ke Surabaya akan ada di next post yaa... ;)

Karena saya berada di Surabaya, teman mengirim direct message dan mengajak buka bersama sekaligus nonton bareng. Jadwal kuliah belum dimulai dan tidak ada kegiatan maka saya iyakan saja ajakannya. Tempat yang menjadi pilihan kami adalah kompleks The Sun City dimana didalam kompleks Sun City ini ada Sun City Mall, Sun City Waterpark dan The Sun Hotel. Kami memilih The Sun Hotel sebagai tempat berbuka puasa karena selain dekat dengan lokasi nonton film, The Sun Hotel menawarkan promo All You Can Eat only 85K/pax dengan 10% discount.

Outdoor Restaurant View
Jadi The Sun Hotel restaurant memiliki dua lokasi tempat duduk yaitu indoor dan outdoor dengan swimming pool view. Saat sedang berada di sekitar outdoor area, saya merasa seperti flashback ketika liburan di Bali deh :D

Main Lobby
 Sepertinya ini cerita saya alurnya maju mundur yaa. Setelah memasuki entrance, kita akan masuk pintu utama dan view lobi utamanya seperti diatas. Ada beberapa kursi yang instagramable buat foto dan ada seperti mini bar dan beberapa meja kecil dengan meja memutar yang dapat digunakan untuk meeting. Tangga ke atas akan menghubungkan ke beberapa ruang yang didesign sebagai ruang pertemuan dan ada mushola yang cukup bersih dan terdapat sarung serta mukena bahkan Al-Quran untuk beribadah. Jadi tidak perlu khawatir masalah beribadah ketika akan berkunjung.

Beberapa macam sambal yang tersedia
Setelah adzan maghrib berkumandang, saya dan teman saya segera menuju mushola dan langsung menuju The Sun Hotel restaurant. The Sun Hotel restaurant sendiri berada di bawah main lobby (turun satu lantai). Saya akan mulai dari makanan berat dulu ya...

Saya termasuk orang yang menyukai makanan pedas, dan The Sun Hotel menyediakan berbagai sambal yang siap bikin kita huh-hah. Tapi tenang... ada kerupuk yang siap menjadi pemadam kebakaran sambalnya. Menu makanan berat yang tersaji hari itu adalah sebagai berikut :
Gulai Telur

Cumi Cabe Hijau

Ayam Bakar Madu Pedas

Cah Jagung Wortel

Bihun Goreng

Soup Kacang Merah
Celakanya semua menu diatas merupakan makanan-makanan favorit saya! Duh diet terancam gagal! Dari sekian menu diatas yang paling saya suka adalah cumi cabe hijau dimana chefnya gak pelit dalam menyajikan cumi. Ketika biasanya kalau pesan menu cumi itu cuminya dibelah belah, di The Sun Hotel cuminya disajikan secara utuh dengan ukuran yang besar. Yummy!

Ada juga bihun goreng yang legendaris, karena selalu mengingatkan ke kisah terakhir makanan yang dibikin Almh. mami saya. Soup kacang merah yang saya memang tidak suka kacang merah tetapi brokoli, wortel dan irisan dagingnya surprisingly jadi mood booster banget. Setelah makanan berat, The Sun Hotel menyediakan menu penyetan yang bikin kangen masakan rumah.
Makanan Rumahan (Penyetan)

Lalapan

Telur Goreng

Urap

Nasi Jagung

Lauk Pauk

Lodeh Tempe

Terong Goreng

Sambal Terasi
Di daerah tempat saya tinggal, nasi jagung merupakan butiran jagung yang telah dihaluskan bukan nasi putih mix nasi jagung. Tetapi ketika saya berada di kota Malang, Surabaya, dan Sidoarjo ini nasi jagung penampakannya ya seperti gambar diatas. Lalu apa makna nasi jagung di kotamu?

Setelah melihat makanan yang mengenyangkan lets move to the sweetest one.
Cemilan

Dessert

Dessert

Snacks

Snacks
The Sun Hotel memberikan menu makanan cemilan atau dessert seperti kue soes, pudding, kue pukis, pisang coklat, risoles, dan tempe goreng (my weakness). Walaupun seharian puasa tetap gorengan dan es adalah menu yang tidak boleh ketinggalan hahaha.
Soto Ayam
Bagi yang mau makan makanan berkuah tapi mengenyangkan tenang ada soto ayam yang bisa jadi pilihan menu berbukamu. Walaupun tampak seperti dagangan mamang-mamang, kamu harus melayani dirimu sendiri disini, jadi bisa ambil sesuai selera. Kemudian kita akan pindah ke dessert table selanjutnya. Karena ini merupakan bulan ramadhan, saya agak bingung makanan pendamping termasuk dessert atau takjil karena beda tipis sih.
Takjil (Serabi)

Takjil (Kurma)

Takjil (Bubur Sumsum)

Takjil (Kolak)
Biasanya kalau orang berbuka puasa setelah adzan pasti yang terpikir pertama adalah makan kurma dan minum kolak. Jadi saya memutuskan bahwa menu diatas adalah menu takjil. Btw saya merupakan tipe orang yang tidak suka manis, jadi saya tidak suka kurma walaupun waktu bapak pulang haji membawa banyak kurma pun tidak pernah saya sentuh sama sekali.
Bubur Ayam


Pelengkap Bubur Ayam
Kalau liat bubur ayam itu, saya jadi sedikit flashback dimasa ketika saya mahasiswa baru dan sakit ketika masa orientasi yang menyebabkan saya harus izin di minggu pertama saya kuliah. Saya saat itu diharuskan mengkonsumsi bubur ayam selama satu bulan. Saya tidak tau harus sedih atau senang kalau inget peristiwa tersebut yang jelas makanan disini sepertinya seperti roda waktu yang membawa saya kedalam kenangan-kenangan masa lalu (abaikan).
Salad

Fresh Fruit
Salad dan buah segar merupakan makanan surga bagi siapapun yang diet, tapi kalau situasinya seperti saat itu sih saya tetep bakal jadi pemakan segalanya lah hahaha. By the way sudah sekitar dua minggu ini saya tidak makan nasi untuk hidup lebih sehat. Hahaha sebagai alat kontrol sebelum medical check up sebenarnya (cerita selengkapnya akan saya publish kemudian dicerita jobseeker).
Pudding


The Sun Hotel Restaurant
Nah diatas merupakan cerita saya ketika buka bersama di The Sun Hotel restaurant. Overall seperti yang sudah saya ceritakan diatas, menu-menunya seperti lorong waktu yang membawa saya ke kenangan-kenangan masa lalu. Dengan harga yang relatif murah, saya dapat mengunyah semua makanan sampai kenyang atau nambah berporsi-porsi. Buat kalian yang ada di sekitaran Kota Surabaya, The Sun Hotel bisa jadi destinasi buka bersama yang enak dan menyenangkan.


The Sun Hotel Restaurant

Jl. Pahlawan, No. 1 Sidoarjo

IG : @thesunhotelsidoarjo

CP: (031) 8071123

Taste         ●●●○○
Service      ●●●●○
Ambience   ●●●○○



No comments:

Post a Comment