Thursday, April 13, 2017

Tips Membersihkan dan Merawat Gorden


Gorden merupakan bagian dari dekorasi rumah yang perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin. Merawat dan membersihkan merupakan dua kegiatan yang cukup mudah namun masih banyak orang yang salah langkah dalam mengerjakannya. Sayang bukan jika gorden yang sudah dibeli dengan harga yang mahal harus rusak hanya karena kesalahan dalam merawat dan membersihkannya. Agar gorden yang kamu miliki tidak menjadi korban karena salah dalam merawat dan membersihkan, berikut ini ada tips mengenai bagaimana membersihkan dan merawat gorden yang benar.

1. Bersihkan Debu Pada Gorden
Debu merupakan salah satu kotoran yang bisa dibilang cukup berbahaya. Selain dapat membuat gorden menjadi kotor, debu juga dapat mengganggu pernafasan manusia jika terhirup. Maka dari itu bersihkan gorden dari debu secara rutin dengan mengebas-kebaskan gorden menggunakan kemoceng, atau jika memiliki alat penyedot debu maka dapat menggunakan penyedot debu agar debu lebih dapat mudah dibersihkan.

2. Cuci Gorden Secara Rutin
Mencuci gorden dapat dilakukan minimal satu bulan sekali. Gorden yang terlihat masih bersih belum tentu seperti yang ada dipikirkan. Meskipun gorden dibersihkan setiap hari, kemungkinan debu menempel pada gorden kembali sangat besar. Apalagi jika ada anak kecil di rumah. Anak kecil suka bermain dengan gorden dengan cara membalut tubuhnya ataupun membuat gorden sebagai alat lap tangan dengan keadaan tangan kotor habis bermain tanah atau cat gambar.


3. Mencuci Gorden
Jika gorden memiliki bahan lapisan benang yang lembut, besar kemungkinan jika gorden yang  dicuci dengan mesin cuci akan cepat rusak karena tarkena tarikan pada saat penggilingan. Untuk menghindari kerusakan itu, kamu bisa mencuci gorden dengan menguceknya saja dengan tangan secara lembut.
Perlu diketahui bahwa pada saat ingin merendam gorden, campurkan terlebih dahulu air dan detergen kemudian aduk sampai tercampur rata baru masukan gorden. Masih ada sebagian orang ketika mencuci merendam gorden dengan air terlebih dahulu baru diberi detergen, padahal ini dapat membuat bahan pada gorden menjadi luntur.
Sangat disayangkan jika gorden rusak hanya gara-gara salah dalam mencucinya, terlebih jika gorden memiliki bahan gorden berkualitas yang pastinya harga jual gorden tersebut cukup mahal.

4. Menjemur Gorden
Pada saat menjemur gorden jangan menjemur dibawah sinar matahari langsung, jemur pada tempat teduh yang terkena udara. Jika memang ingin menjemur gorden langsung dibawah sinar matahari, kamu bisa menjemurnya selama 30 menit saja agar warna pada gorden tidak cepat pudar.

5. Menyimpan Gorden
Biasanya setiap rumah pasti memiliki gorden lebih dari satu bahkan ada yang lebih dari itu, sebagai cadang pengganti gorden jika gorden yang satu sedang dicuci. Jika gorden yang dicuci sudah bersih dan kering, sebelum disimpan dilemari ada baiknya untuk menyetrika terlebih dahulu agar gorden tidak lecek dan kusut selain itu juga berguna untuk membunuh kuman atau bakteri yang menempel pada bahan gorden, kamu bisa menyemprot gorden dengan pewangi pada saat menggosoknya, supaya ketika digunakan gorden tetap wangi.

Mudah bukan membersihkan dan merawat gorden. Walaupun memang terlihat mudah dan sepele namun pasti masih ada beberapa diantara kalian yang masih salah dalam melakukan langkah diatas. Jika gorden yang dimiliki adalah gorden berbahan khusus atau tidak sama pada umumnya, kamu bisa bertanya kepada karyawan toko jual gorden tempat membeli agar gorden bisa dibersihkan sesuai dengan aturannya.

Mencari tahu informasi mengenai barang-barang yang dimiliki merupakan hal yang cukup penting dan bermanfaat untuk ketahui, agar barang yang dimiliki awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Semoga informasi diatas bisa membantu...

No comments:

Post a Comment