Wednesday, April 5, 2017

Membangun Komunikasi antara Ibu dan Anak di Forum Ibu dan Anak

Source:sehatmagz.com
Setiap anak maka treatmentnya juga berbeda. Mungkin kalimat tersebut sering sekali kita dengar atau setidaknya pernah kita tahu atau pernah kita dengar. Pernyataan tersebut tidak asing karena semakin kesini ilmu atau wawasan mengenai parenting sangat banyak. Hal tersebut merujuk pada pernyataan tersebut bahwa setiap anak memiliki treatment yang berbeda oleh sebab itu perkembangan parenting masa kini sangat pesat seiring dengan berkembangnya wawasan orang tua mengenai mendidik anak dari usia sedini mungkin atau pendidikan pertama anak yaitu keluarga.

Setiap anak memiliki treatment yang berbeda mungkin bisa saya contohkan dengan apa yang terjadi dengan saya dan kakak saya. Dulu sewaktu dipendidikan tingkat menengah kakak saya lebih memilih untuk masuk ke jurusan sosial karena memang minatnya disana. Namun berbeda dengan kakak saya, saya sewaktu pendidikan tingkat menengah lebih memilih jurusan sains selain karena kelas saya yang merupakan kelas khusus sehingga saya akan berada di kelas yang sama selama tiga tahun dan otomatis masuk kelas sains juga karena permintaan orang tua juga yang menginginkan saya memasuki jurusan tertentu. Ya jurusan yang saya dan orang tua inginkan saat itu tetapi pada akhirnya juga meleset.

Lalu dari mana orang tua dapat mengetahui treatment apa yang bagus untuk tiap anaknya? Saya rasa itulah kelebihan adanya forum ibu dan anak. Forum ibu dan anak dapat mewadahi ibu dan anak dalam memahami satu sama lain serta membentuk kedekatan antara ibu dan anak. Sama seperti kisah saya yang saya ceritakan diatas, orang tua saya terutama ibu membantu mengarahkan anaknya dalam hal pendidikan dengan sangat hati-hati.

Ibu tidak pernah memaksakan saya dan kakak dalam memilih apa yang kami sukai. Misalnya saja ketika teman saya mengikuti les di lembaga bimbingan A,B,C dan D lalu saya hanya menginginkan mengikuti les di lembaga bimbingan B saja atau tidak sama sekali maka ibu akan mewadahi saya dalam kegiatan tersebut selama hal tersebut baik untuk saya.

Sama seperti perlakuan dibidang pendidikan, dalam bergaul dan berorganisasi, ibu tidak pernah melarang saya bergaul dengan siapapun dari golongan dan agama manapun. Kemudian ibu selalu mengajarkan untuk selalu bercerita dalam hal apapun sehingga ibu mengetahui apa yang dilakukan anaknya. Nah yang selalu ibu saya lakukan juga memonitor hasil belajar kami pada nilai raport.

Ibu selalu mengoreksi nilai kami dengan membandingkan nilai sekarang dnegan yang dulu untuk mengetahui apakah kami ada perkembangan atau terjadi penurunan dan hal apa saja yang dapat menjadi rujukan dalam kedepannya. Forum ibu dan anak melalui komunikasi tersebut merupakan cara yang efektif dalam membentuk karakter anak yang dapat dimulai dari sedini mungkin. Mungkin hal yang diterapkan sedini mungkin adalah bagaimana membuat anak nyaman bercerita dengan ibu apapun yang terjadi.

No comments:

Post a Comment