Friday, March 3, 2017

5 Cara Berhemat ala Anak Kos

Source:google.com
Menjadi siswa atau mahasiswa dan memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua atau merantau memang akan membuatmu kita berpikiran bahwa kita menjadi bebas. Asik memang tetapi tunggu dulu, hidup merantau tidak sesimple membuat hidup menjadi bebas kemudian jangan sampai karena bebas lantas lupa untuk mengontrol diri, apalagi dalam urusan pengeluaran. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu lho, Apa saja itu?

1.    Catatlah!
Setelah orang tua mengirimkan uangnya, luangkan waktu untuk mencatat apa saja pengeluaran yang harus kamu lakukan. Uang untuk membayar kos, alokasi untuk uang makan, transportasi, pulsa, wifi serta printilan lain yang harus kamu keluarkan. Alokasikan besaran dana untuk masing-masing pos (anak akuntansi banget deh), sebisa mungkin kebutuhan tersebut segera kamu penuhi selama masih ada banyak saldo di rekeningmu. Hal-hal lain yang sifatnya keinginan bisa menggunakan uang sisanya.

2.    Room mate?
Tak bisa disangkal, kebutuhan untuk tempat tinggal sering kali mengambil porsi terbesar dari pengeluaran bulanan anak kos. terkadang sempat berpikir lebih baik uang kos digunakan untuk jajan daripada bayar kos kenapa karena mengeluarkan uang dengan jumlah besar akan sangat terasa sekali tetapi bentuknya yaitu melalui kenikmatan dalam menikmati fasilitas kos rasanya tidak sepenuhnya kita rasakan jadi terkesan hal tersebut snagat menguras kantong. Supaya bisa menghemat, kamu harus cermat memilih tempat kos. Jika kamu menggunakan jasa untuk mencari tempat kos, pastikan sudah membandingkan di beberapa agen dan memillih yang memiliki harga paling terjangkau. Travelio bisa menjadi pilihan yang tepat karena menyediakan apartemen dengan harga yang terjangkau. Namun jika setelah dipilih, tempat kos yang kamu inginkan masih terasa mahal, coba saja berbagi dengan teman. Namun supaya nyaman, pastikan kamu dan temanmu bisa saling memahami kebiasaan masing-masing. Pilih teman sekamar yang nyaman bagimu.

3.    Memasak sendiri
Selain kebutuhan tempat tinggal, pos pengeluaran yang menyita banyak anggaran bulananmu adalah uang makan. Iya kan? Untuk menghematnya kamu bisa memasak sendiri. Ada banyak variasi makanan simpel yang bisa menjadi solusi makan enak, sehat, dan tentunya hemat untuk kamu anak kos. Selain memasak sendiri alternatif lainnya adalah beli magic com dan masak nasi sesuai porsimu kemudian kamu tinggal pergi ke warung terdekat untuk membeli pendamping nasi hangatmu.

4.    Manfaatkan diskonan
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu, jangan lewatkan diskon yang biasanya diberikan oleh supermarket di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Bahkan tak jarang beberapa tempat nongkrong memberikan diskon. Untuk tetap update, kamu bisa mengikuti media sosial toko langgananmu. awal bulan atau hari dimana orang tua mentransfer uang, sempatkanlah untuk mengunjungi supermarket untuk menimbun makanan seperti mie, sosis, sarden, dll agar kebutuhan bulanan kamu terkontrol dan terpenuhi jangan lupa bandingkan harga tiap produk dan diskon yang ditawarkan.

5.    Disiplin
Akhirnya, semua upayamu untuk menghemat akan sia-sia jika kamu tidak disiplin. Tepati alokasi belanja yang kamu buat. Tahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang hanya kamu inginkan, bukan kebutuhan. Kamu bisa menambahkan bukti transaksi untuk membuat catatan mengenai pengeluaranmu lebih rapi dan membuat kita menjadi termotivasi untuk beruaha lebih hemat lagi. Sama seperti anak rantau, emak-emak juga melakukan tips tersebut.

Jika kamu masih bingung, di mana bisa mendapatkan apartemen yang nyaman dengan harga hemat, langsung saja ke Travelio. Di Travelio, kamu bisa mendapatkan promo-promo menarik yang membuat harga apartemen idamanmu makin hemat. Langsung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan promo-promo hemat di Travelio.

2 comments:

  1. kalau masak tergantung sempat atau nggak, tapi berhubung di sebelah kos ada warung, jadinya beli makan sering di warung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih mbak hihi saya lebih prefer masak kalau ada teman makannya tapi kalau sendirian juga males :(

      Delete