Thursday, February 23, 2017

Merangkai Lampu Taman Otomatis dengan Lampu Solar Cell


Lampu solar merupakan sebuah rangkaian lampu yang menggunakan sumber tegangan dari baterai rechargeable yang disuplai oleh sinar matahari. Kini lampu solar banyak diaplikasikan pada lampu jalan dan lampu taman, dimana lampu ini akan otomatis menyala jika keadaan gelap dan mati ketika cukup cahaya. Sepertinya menarik jika kita bisa mengaplikasikannya disekitar kehidupan kita untuk sekedar mempercantik rumah atau taman.

Harga lampu solar sebenarnya cukup mahal. Rata-rataa harga jual lampu solar ini sekitar dua jutaan. Namun jangan khawatir, kamu bisa membuat lampu solar ini sendiri. Caranya juga mudah dan bahan-bahannya pun bisa ditemukan di toko perkakas terdekat. Tinggal menyimah langkah pembuatan lampu solar dibawah ini maka VOILA kamu bisa membuat lampu solar sendiri. Yuk simak langkah-langkah pembuatan lampu solar dibawah ini

Prosedur Pembuatan
1. Langkah awal, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Terutama komponen-komponen dalam pembuatan lampu solar sebagai berikut:

Peralatan
- Solder Timah
- Timah
- Penyedot Timah

Komponen

- Led Putih (5 buah)
- Resistor 47R
- Resistor 470R
- Resistor 1k
- Dioda 1N4001
- Transistor BC 547
- Baterai 4 - 6 volt
- 6V Solar Panel
- PCB
Komponen komponen tersebut dapat dengan mudah dibeli di toko elektronik. Tentu harganya lebih murah bila dibandingkan dengan membeli instan lampu solar di toko yang jelas memiliki harga jual lampu solar tinggi.

2. Setelah alat dan bahan sudah siap. Buatlah sketsa rangkainnya terlebih dahulu. Sangat disarankan menggunakan aplikasi PCB maker seperti proteus atau aplikasi lainya. Hal ini selain untukmemudahkan pembuatan sketa rangkaian. Sketsa yang dibuat pun juga rapi. Kurang lebih buat rangkaian seperti berikut :


3. Setelah desain PCB selesai, print desain tesebut pada kertas HVS. Lalu fotokopi hasilnya pada kertas glosy. Ambil pcb polos dan bersihkan lapisan yang ada tembaganya.

4. Siapkan setrika kemudian templekan print desain pcb pada kertas glosy ke lapisan tembaga PCB polos. Atur temperatur setrika dan lakukan proses penyetrikaan yang merata pada lapisan belakang kertas glosy yang menempel pada lapisan tembaga pcb. Lakukan berulang-ulang. Pastikan panasnya merata.

5. Tunggu pcb hingga dingin dan jangan pernah melepas kertas glosy dari PCB saat keadaanya panas, karna hal ini dapat menyebabkan kegagalan perekatan tinda pada PCB polos.

6. Saat PCB sudah cukup dingin, masukan PCB dan kertas glosy yang menempel kedalam nampan berisi air dingin. Diamkan sejenak kurang lebih 10 - 15 menit dan mulai lakukan proses pengelupasan. Kelupas kertas glosy dari PCB secara perlahan agar tidak rusak.

7. Setelah proses pemindahan gambar dari kertas glosy dan lembar PCB berhasil, selanjutnya cetak PCB dengan melarutkan lapisan tembaga dan menyisakan garis-garis sesuai sketsa dengan larutan fericlorit (FeCl3).

8. Larutkan fericlorit, masukan pcb yang sudah tertempel desain dari kertas glosy, lalu goyang - goyang hingga semua lapisan tembaga yang tidak dibutuhkan terlarut secara sempurna

9. Setelah di dapat PCB yang sesuai dengan desain yang dibuat. Saatnya merangkai komponen kedalam PCB sesuai dengan gambar rangkaian lampu solar. Tempatkan komponen pada posisi yang seharusnya. Jangan lupa lakukan penyolderan komponen di atas tembaga PCB.

10. Setelah semua tahapan selesai, lampu solar DIY telah selesai dibuat dan bisa langsung diuji coba. Memang sedikit rumit bila dibandingkan membeli. Namun dari segi harga tentu jauh lebih murah dibandingkan harga jual lampu solar yang ada di toko. Tertarik mencoba?

No comments:

Post a Comment