Friday, December 9, 2016

Laptop dan Software yang Bermasalah



Pernah mengalami kejadian tiba-tiba salah satu program di laptop crash karena adanya produk diluar lisensi?

Saya yakin hampir semua orang atau yang awam terhadap hal tersebut pasti pernah mengalami. Beberapa tahun yang lalu saya membeli laptop baru karena laptop saya yang terpaksa dipakai kakak dan saya memakai laptop butut kakak. Sebagai mahasiswa rantau saat itu saya bingung harus membeli laptop dimana sedangkan laptop kakak sudah tidak bisa membantu saya banyak. Pada saat itu saya harus menunggu paket motor datang untuk survei harga laptop di seluruh pertokoan belum saya masih awam kota Malang atau kalau ngerepotin orang lain juga masih ada rasa tidak enak karena belum terlalu dekat. Lah terus dulu biasa beli laptop dimana? Kenapa tidak beli ditempat yang sama? Jadi dulu ketika akan membeli perangkat keras yang membantu adalah kakak sepupu saya yang kebetulan kenal vendor-vendor penyedia perangkat tersebut sehingga harga yang didapat jauh lebih murah tetapi karena kakak sepupu tidak sekota dengan tempat saya kuliah dan kebutuhan akan laptop sesegera mungkin yaaa sudah saya terpaksa harus mandiri dalam memutuskan laptop mana yang akan saya beli hingga akhirnya saya memutuskan membeli laptop di Toko X karena popularitas toko tersebut.

Beberapa waktu setelah saya membeli laptop, kakak main ke kost saya ketika ada libur panjang. Lelah dengan keramaian ibukota menjadi jawaban kenapa kakak memilih untuk liburan di kota ini sekaligus mengunjungi saya. Saat awal perkualiahan dikamar belum ada TV jadi hiburan satu-satunya hanya laptop jadi kakak saya ya memanfaatkan laptop saya. Berhubung laptop saya ini baru dan berbeda pengoperasiannya, kakak saya sempat bingung terus asal pencet gitu terus waktu saya buka laptop kaget tiba-tiba file saya hilang semua. Panik? Tentu.

Panik takut terjadi hal yang tidak inginkan saya mengunjungi salah satu servis laptop terdekat karena saat itu belum tahu service centernya. Laptop saya diinstall ulang dan kejadian aneh dimulai saat itu jadi program yang diinstall merupakan program yang tidak teregistrasi yang membuat saya susah dalam mengoperasikan laptop saya. Celakanya lagi perusahaan laptop saya ini sudah tidak memproduksi laptop lagi dan lebih memfokuskan pada produksi handphone sedangkan laptop saya tidak dibekali slot dvd jadi tidak ada cd drive sehingga sangat menyulitkan saya dalam mengoperasikan program laptop. Tapi beberapa waktu lalu teman saya cerita kalau dia baru saja memanfaatkan fitur baru dari Tokopedia yaitu software dimana dia membeli software dengan registrasi jelas dari vendor yang ada tinggal searching butuh program apa. Pun Tokopedia juga memiliki akses untuk mencari laptop maupun aksesoris laptop dengan vendor-vendor yang dapat dicek langsung kinerjanya sehingga memudahkan konsumen dalam bertransaksi terlebih untuk saya yang bingung harus membeli laptop dimana.

No comments:

Post a Comment