Wednesday, November 23, 2016

Konsep Kado Menurut Saya


Kado adalah salah satu cara untuk menunjukkan perhatian atau kasih sayang pada seseorang. Kado dapat diberikan pada waktu tertentu berdasarkan hari special atau tanpa alasan. Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih kado yang tepat seperti berikut ini:

Paradigma Masyarakat
Sebelum memberikan kado kepada seseorang sebaiknya kita melihat objek penerima kado tersebut. Misalnya kado yang kita berikan ke keluarga tentu berbeda dengan kado yang akan kita berikan ke teman. Dari segi harga dan barang yang akan dibeli tentu juga berbeda.

Nah berdasarkan paradigm masyarakat, biasanya kado akan semakin berkesan jika kado tersebut berharga mahal atau memiliki bentuk yang besar sedangkan kado dengan skala kecil dan harga tidak terlalu mahal maka merupakan kado yang tidak bernilai. Padahal menurut saya kado nggak dilihat dari seberapa besar bentuknya, seberapa mahal harganya dan beberapa perspektif lain tetapi dilihat dari seberapa besar niat seseorang dalam memberikan kado tersebut pada kita. 

Misalnya saat teman sedang berulang tahun atau yang dalam kurun waktu satu tahun ini memenuhi list anggaran saya seperti sidang dan wisuda teman dan saat itu anggaran sedang menipis maka bukan berarti saya tidak memberikan penghargaan kepada mereka tetapi membuat sesuatu menjadi berarti. Mengubah sesuatu hal biasa menjadi berarti bisa seperti membelikan kalung fashion korea kepada teman yang penggemar Kpop dan Kdrama, memasakkan mereka makanan kesukaan atau memasak makanan yang kita bisa untuk teman yang sedang berulang tahun bisa juga membeli snack seharga 500 kemudian dirangkai seperti kalung atau mahkota untuk teman yang wisuda. Saya yakin mereka tidak akan melihat ke nilai benda tersebut tetapi bagaimana kalian mengingat momen-momen special mereka dan ada disaat mereka butuh dukungan atau motivasi.

Perhatikan packingnya
Ketika akan memberikan kado kepada seseorang, hal yang paling membuat saya bingung adalah bagaimana membungkus kado tersebut. Hal tersebut menjadi hal kedua yang saya pikirkan setelah memutuskan kado apa yang akan dibeli. Biasanya kado dibungkus dengan kertas kado, tas lucu atau box yang banyak dijual ditoko. Bagaimana kado dibungkus menurut saya juga merupakan faktor mengukur ketulusan kita dalam memberikan sebuah kado. 

Tidak perlu mahal yang penting berkesan. Misalnya membuat box dari karton kemudian melapisinya dengan koran bekas atau membungkus kado dengan koran ditambah aksesoris pita dengan gambaran atau tulisan kita sendiri. Saat itu saya pernah memberikan kado pernikahan teman dengan tulisan ala ala saya dengan goresan kuas gambar bunga. Memang isi kadonya bukan barang berharga tapi yang saya ingin teman saya tahu adalah bahwa saya dengan tulus turut bahagia atas kebahagiannya dengan usaha saya tersebut.

Bermanfaat
Kado akan semakin berkesan jika kado tersebut bermanfaat untuk penerima kado. Bermanfaat memiliki arti yang luas tetapi bermanfaat yang saya maksud adalah sesederhana dibikinin indomie sama teman waktu hari special kita misalnya manfaatnya tentu rasa kenyang hehe. Nah kalau teman kita misalnya sangat memperhatikan fashion dan menyukai aksesoris modis maka kalung fashion korea yang cantik dan berkesan mewah (meskipun harganya nggak mahal) akan sangat bermanfaat untuk dia kenakan jika kita memberinya kado tersebut. Seperti kalung ala korea yang saya lihat di MatahariMall ini, harganya relatif enteng kan yah untuk ukuran kalung semodis-modis ini dengan model yang bisa kita sesuaikan selera atau baju yang mau kita pakai?



Budaya yang biasa saya lakukan dan terapkan di lingkungan saya adalah membelikan barang yang diinginkan oleh penerima kado seperti ketika kakak saya berulang tahun dan menginginkan sepatu X maka saya akan mulai menabung untuk membeli sepatu itu sebagai kado, namun tentu jika harganya masih wajar untuk ukuran saya sih :D

Hal seperti itu juga berlaku kepada teman saya. Kami terbiasa menanyakan kepada penerima kado apa barang yang sedang diinginkannya atau sedang dibutuhkannya dengan maksimum budget yang telah kita ketahui.

Jika barang tersebut melebihi budget maka si penerima kado wajib mengganti sisa kelebihan atas pembelian barang tersebut. Jadi dengan diterapkannya cara seperti ini, kado yang diberikan menjadi tepat sasaran. 

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencinta (HR Bukhari)”. Berdasarkan hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa saling memberi hadiah dapat menimbulkan kasih sayang antar sesama dan ungkapan hadiah tidak diuraikan dengan nilai nominal atau besarnya hadiah tetapi dari ketulusan pemberi hadiah. 

Kebetulan bulan depan adalah hari lahir saya, bukan berarti merayakan lho... tapi boleh kan sekadar saling memberikan wishlist? Haha. 
Ada beberapa wishlist yang saya tulis untuk hari tersebut, kalau kamu punya wishlist apa?

No comments:

Post a Comment